LPPM Unand Gelar Pelatihan Membatik di Kamang Mudiak

Kamang Magek, SuhaNews – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) Padang mengadakan pelatihan membatik bagi masyarakat, Minggu (06/11) di Jorong Pakan Sinayan, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. 

Pelatihan membatik dengan narasumber Ketua Forum UMKM Provinsi Sumbar, Bunda Een Reffan itu dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman.

Baca juga: Tari Kreasi SMPN 7 Sijunjung Juara 1 Event Batik Biru se-Sumatera Barat

Kegiatan ditandai dengan mewarnai batik yang telah diberi pola oleh Ketua TP-PKK Agam. Ini merupakan kegiatan Unand dalam program nagari membangun yang dilaksanakan di Galeri Arbazumfakea yang merupakan pusat kewirausahaan di wilayah itu.

Pada kesempatan itu, Ny Yenni mengucapkan terima kasih kepada Prof Asniati Bahari bersama tim melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini bagi masyarakat Nagari Kamang Mudiak.

“Semoga pelatihan membatik ini bisa menghasilkan batik khas  Nagari Kamang Mudiak, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Ny. Yenni Andri Warman.

Melalui membatik ini, jelas Ny. Yenni, akan lahir batik khas kamang, dan menjadi ikon di Nagari Kamang, karena sebelumnya juga memiliki kuliner khas seperti karupuak Kamang.

Sementara itu, Ketua Tim pelaksana, Prof Asniati Bahari ucapkan terimakasih atas dukungannya terhadap LPPM Unand Padang dalam program membangun nagari di Nagari Kamang Mudiak dengan melaksanakan pelatihan membatik ini.

“ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang mana pada pelatihan kali ini dilaksanakan untuk memperhalus proses membatik. Kegiatan lebih difokuskan untuk tahapan produksi yang nantinya hasil dari batik yang dibuat akan dipasarkan sebagai objek promosi bagi Nagari Kamang Mudiak,” katanya. (AMC/Wewe)

Baca juga: Tim Kementerian Perindustrian Kunjungi Batik Tarancak Kota Solok

Facebook Comments

BACA JUGA  Bunda PAUD Agam Apresiasi FKG TK-PAUD di Lambah
- Advertisement -
- Advertisement -