Daerah Perbatasan: Kabupaten Solok dan Sawahlunto Tandatangani MoU

Arosuka, SuhaNews – Pemerintah Kabupaten Solok dan Pemerintah Kota Sawahlunto melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama, Rabu, 5 April 2023 di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok, Arosuka.

Penandatangan MoU ini dihadiri oleh Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda M.Mar, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Asisten I Drs. Syahrial, M.M, Sekda Kota Sawahlunto Dr. dr. Ambun Kadri, M.Km., Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat.

Baca juga: Permudah Keimigrasian, Pemkab Dharmasraya Jalin Kerjasama dengan Kemenkum HAM

Kepala Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Solok Drs. Dafrizal M.M membacalana maksud dan tujuan MoU ini yakni untuk memberikan dasar hukum bagi para pihak dalam melaksanakan kerjasama guna meningkatkan segenap potensi dan sumber daya yang dimiliki para pihak, meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai dengan kewenangan yang dimiliki dan jangka waktu kesepakatan bersama ini adalah 5 tahun.

solok“Kita melakukan kesepakatan bersama ini melalui perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana dan tentang pelayanan Kesehatan di wilayah perbatasan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting yaitu kerjasama dua daerah yang bertetangga dan bersaudara

“Secara pribadi, kita memang eririsan secara langsung,” ujar Deri Asta.

Daerah yang berbatasan itu, antara lain Nagari Lumindai, Nagari Kajai, Nagari Talago Gunuang dan Nagari Sibarambang.

“Ini terpisah secara administrasi Pemerintahan tetapi secara persaudaraan tidak ada sekat dan batasan, artinya kita tidak ingin memutus hubungan silaturahmi ini karena adanya batas administrasi Pemerintahan,” jelas Deri Asta.

Batas administrasi Pemerintahan ini, jelas Deri Asta, hanya merupakan syarat bagaimana kita melakukan program pelayanan dengan baik, tapi tidak membatasi bagaimana kita bisa melayani masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA  Khairul Jasmi Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Iluni Sejarah UNP

Sementara Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan bahwa Pemerintah Kab. Solok dan Pemeritah Kota sawahlunto melakukan kerjasama dalam rangka melaksanakan tugas sebagaimana yang diamanahkan oleh masyarakat, untuk berjuang sekuat tenaga bagaimana memaksimalkan segala sesuatunya agar bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Adanya kerjasama ini akan menjalin rasa silaturahim antara masyarakat Kab. Solok dengan masyarakat Kota Sawahlunto,  khususnya di daerah perbatasan,” ujar Epyardi Asda.

Ada program dari Anggota DPR RI Athari Gauti Ardi dan Kementerian PUPR untuk pembangunan jalan daerah perbatasan. Kita harapkan bisa membangun jalan-jalan di daerah perbatasan agar nantinya memudahkan kita untuk kerjasama, baik Pemerintah ataupun masyarakatnya.

“Saya berharap bukan hanya di bidang kesehatan saja, masih banyak yang bisa kita kerjasamakan dan dikembangkan,” tambah Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Kabupaten Solok dan Pekanbaru Tandatangani Kerjasama Antar Daerah

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -