Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Buka Pelatihan Pembuatan Dodol

Sungai Nanam, SuhaNews – Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Hj.Emiko Epyardi Asda membuka secara resmi Pelatihan Dodol di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Selasa 9 mei 2023 di Gedung Pemuda Nagari Sungai Nanam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Koperindag Ahpi Gusta Tusri, S.STP., M.Si., Camat Lembah Gumanti Zulbakti, TP PKK Kec. Lembah Gumanti, Wali Nagari Sungai Nanam Delfi, TP PKK Nagari Sungai Nanam, Pengurus Dekranasda.

Baca juga: Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Hadiri Inacraft 2023

dekranasdaKadis Koperindag Ahpi Gusta Tusri mengatakan bahwa Pelaksanaan Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh potensi SDA dan SDM yang dimiliki Nagari Sungai Nanam dengan beragam umbi-umbian seperti kentang dan ubi jalar, dan buah-buahan seperti stroberi, terong pirus dan lainnya.

Ketika terjadinya produksi buah dan sayur yang melimpah, belum termanfaatkan dengan maksimal. Akibatnya ada yang sampai terbuang percuma.

“Dinas Koperindag berinisiatif memberikan pengolahan lebih lanjut yang mana akan diolah oleh ibu-ibu dari Bundo Kanduang Nagari Sungai Nanam,” jelas Ahpi Gusta Tusri.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, 9  s/d  11 Mei 2023. Narasumber untuk pengolahan dodol ini didatang dari SMKN 1 Lembah Gumanti.

“Peserta pelatihan sekitar 25 orang yang berasal dari unsur bundo kanduang,” tambah Ahpi Gusta Tusri.

dekranasdaMateri pelatihan terkait dengan Arah kebijakan Pemda Kab. Solok di bidang industri, Kreasi dan inovasi pengolahan dodol, Packaging produk dan pemasaran produk.

Sementara Ketua Dekranasda Kab. Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta dengan harapan akan muncul wirausaha-wirausaha baru yang akan meningkatkan gairah IKM di Nagari Sungai Nanam.

“Diharapkan melalui pelatihan ini akan tercapai mutu dan tampilan yang lebih menarik, baik dari segi rasa maupun dari segi kemasan,” harap Ny. Emiko Epyardi Asda.

BACA JUGA  Gubernur Buka Jambore PKK, Kabupaten Solok Juara II Lomba UP2K

Ny. Emiko Epyardi Asda  juga berharap adanya inovasi dari bahan baku kentang dan labu ini. Inovasi juga diharapkan dari olahan terong pirus, tomat, dan hasil tani lainnya. Wewe

Baca juga: Dekranasda Pasbar Kunjungi Kelompok Pengrajin Benang Emas Khas Air Bangis 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -