Ada 2 Kubu, Pelantikan BPN Sulit Air Tuai Polemik

kubu
Sulit Air, SuhaNews – Meski telah dilantik pada 22 Juli 2022 yang lalu, komposisi anggota Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Sulit Air kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok tuai polemik ditengah masyarakat, karena adanya dua kubu.

Kubu pertama dengan ketua Erwin Saman yang dilantik di gedung pertemuan Kantor Camat X Koto Diatas, namun tidak dihadiri oleh Pemerintah Nagari Sulit Air selaku mitra BPN.

Kubu kedua, dipimpin oleh Ketua Nasrizal, S.Ag, M.Pd yang terpilih melalui musyawarah yang digelar oleh P2BPN Sulit Air.

Polemik muncul, karena kedua kubu saling mempertahankan pendapatnya akan legalitas dan ke absahan dalam kepanitian pemlilihan BPN. Sebenarnya kecurangan ini mulai tercium oleh para kandidat (calon) peserta BPN.

Diawali dengan pemberian surat untuk melengkapi berkas pada sore hari untuk dapat di serahkan pada esoknya, dengan catatan batas waktu besoknya, disini banyak para calon peserta yang tidak bisa memenuhinya, karena harus mengurus surat keterangan kelakuan baik dari pengadilan, yang jaraknya cukup jauh dari pusat kecamatan, dan juga memakan waktu yang lama, hal ini di sampaikan oleh salah satu kandidat yang tidak mau di sampaikan namanya.

Ada 2 Kubu, Pelantikan BPN Sulit Air Tuai Polemik 1

Mendapat laporan yang di berikan oleh para kandidat ke lembaga nagari, maka lembaga nagari segera meresponnya, dan ternyata benar, lembaga nagari mengadakan pertemuan antara Kerapatan Adat Nagari (KAN), Majelis Ulama Nagari (MUN), Bundo Kanduang, dan Unsur Pemuda (Karang Taruna).

Dalam hal ini lembaga nagari memutuskan secara sah dan meyakinkan menolak, Kepengurusan yang dipimpin oleh kubu Erwin Saman, kedua menolak proses pemilihan anggota BPN Sulit Air, ketiga menolak hasil pemilihan anggota BPN.

Dalam surat yang ditanda tangani pimpinan lembaga nagari Sulit Air tersebut juga meminta kepada Bupati Solok untuk mengulang kembali proses pemilihan anggota BPN Sulit Air periode 2022 – 2028. Hendrik

BACA JUGA  Covid-19: Tiga Warga Sulit Air Sembuh, Warga Koto Baru Terkonfirmasi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWali Kota Padang Hendri Septa Buka MTQN ke-40
Artikulli tjetërKlaim BPJS Ketenagakerjaan di Sawahlunto Rp3 Miliar Lebih