Ada Harimau di Lubuk Selasih Kab.Solok, BKSDA Sumbar Turun Tangan

Ada Harimau di Lubuk Selasih Kab.Solok, BKSDA Sumbar Turun Tangan
Harimau, foto : google
Arosuka, SuhaNews – Baru saja reda isu penampakan Harimau di kawasan Laing dan sekitarnya di Kota Solok, akhir pekan lalu ada warga yang melaporkan menampak satwa dilindungi tersebut di jorong Lubuk Selasih nagari Batang Barus kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Dilansir oleh KlikPositif.com, Wali Nagari Batang Barus telah melaporkan kejadian ini pada balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar di Padang pada Senin (20/6).

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi memang ada temuan  jejak Satwa dilindungi tersebut di kawasan itu. Untuk itu pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan.

Diuraikannya, kronologi penemuan jejaknya ini dimulai dari adanya Anjing warga yang mati pada Sabtu (18/6) lalu sekitar pukul 23.00 WIB. Yang dilanjutkan dengan penampakan Harimau pada keesokan harinya, Minggu (19/6) oleh warga bernama Muhammad Rais.

“Kepada masyarakat sekitar lokasi jejak hewan yang juga disebut Inyiak, tim menyarankan agar tidak keluar rumah sendirian terutama pada malam hari jika tidak ada keperluan mendesak,” ujarnya.

Ardi menambahkan, agar warga yang memiliki atau memelihara hewan ternak seperti Kambing agar untuk sementara membawa hewan ternak tersebut ke pemukiman atau ke kandang.

BKSDA juga meminta kepada wali nagari, kepala jorong, dan masyarakat untuk sementara melakukan pengusiran atau penghalauan secara mandiri dengan melakukan bunyi-bunyian menggunakan meriam karbit.

Lubuk Selasih sendiri adalah daaerah perlintasan padat pada jalur Lintas Sumatera dari arah Solok menuju Padang dan sebaliknya, serta persimpangan menuju Solok Selatan. Red

Berita Terkait :

BACA JUGA  Beruang Masuki Pemukiman Warga

 

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakJihan Harumkan Nama Indonesia, Sabet Juara 2 pada MTQ Internasional di Amerika Serikat
Artikulli tjetërNelayan Ditangkap Polresta Padang Karena Curi Laptop dan HP di Panti Asuhan