Ada Warga Positif Covid-19, Puskesmas Pakan Rabaa Solsel Ditutup

covid
SuhaNews. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 Solok Selatan / Kadis Kesehatan Solsel, Dr.H.Novirman, SKM. MM menyebutkan, untuk sementara waktu, Puskesmas Pakan Rabaa Kabupaten Solok Seletan ditutup, dan pelayanan medis dialihkan ke Puskesmas terdekat serta RSUD Solok Selatan.

Penegasan ini disampaikan Novirman, Kamis (7/5/2020) sehubungan dengan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Solok Selatan. Kami juga menghimbau masyarakat untuk senantiasa memberikan dukungan dan motivasi kepada keluarga yang terkena wabah ini. Insya Allah virus ini bisa kita cegah dan bisa sembuh. Kita doakan agar masyarakat kita yang terkena diberikan kesembuhan oleh Allah SWT

Ia menyatakan, penyakit akibat virus ini bukan aib, tetapi wabah yang bisa menimpa siapa saja. Kejujuran, kerjasama dan kedisiplinan diri kita semua dalam mematuhi protokol kesehatan sangat diharapkan dalam kondisi saat ini.

“Tetap jaga jarak fisik dengan orang lain (2 meter), gunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, tidak keluar rumah kecuali penting dan mendesak, dan disiplin mengisolasi diri di rumah bagi para perantau yang tiba di kampung halaman serta warga yang bepergian dari daerah lain,” ujarnya.

Sementara untuk informasi pasien positiv Covid sebanyak 3 orang, sebutnya, ketiga pasien positif tersebut saat ini sedang menjalani masa karantina. Dua pasien yakni Yt (Perempuan, 55 Tahun) dan AA (Laki-laki, 18 tahun) di observasi ke Balai Diklat PPSDM Padang. Sedangkan Ys (perempuan, 80 Tahun) ke RSAM, Bukittinggi berhubung setelah dikonfirmasi RS di Padang penuh.

Ketiga pasien terpapar virus korona dengan mengalami gejala klinis ringan. Dari Hasil tracking tahap pertama dari riwayat kontak pasien telah diambil 65 sampel swab, dari tenaga medis di RSUD (17 orang), Puskesmas Pakan Rabaa (12 orang) serta masyarakat yang pernah mengalami kontak dengan pasien tersebut (36 orang). Dan Tracking ini akan terus dilakukan

“Bagi masyarakat yang pernah kontak dengan pasien positif tersebut, diharapkan juga secara jujur untuk melaporkan diri ke puskesmas terdekat atau RSUD untuk diambilkan sampelnya untuk diperiksa. Hal ini adalah untuk kebaikan kita bersama,” himbaunya.

Sementara itu, kondisi terakhir hingga Kamis, 7 Mei 2020, kasus Covid-19 di Solsel terkonfirmasi Positif 3 orang. Sedangkan Orang dengan Notifikasi sebanyak 498 orang. ODP 5 orang dan PDP 1 orang.

editor : Moentjak sumber : BeritaMinang.com

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...