Aktivitas Sesar Sumatera Akibatkan Gempa Bumi Padang Panjang

Aktivitas Sesar Sumatera Akibatkan Gempa Bumi Padang Panjang
Pd. Panjang, SuhaNews. Kota Padang panjang dilanda Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,1 pada Kamis (13/02)pukul 01:37:49 Wib, sebagian masyarakat kota Padang Panjang dikejutkan oleh goncangan akibar aktivitas sesar Sumatera tersebut.
Menurut penuturan IRWAN SLAMET,ST, M.Si yang menjabat sebagai Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang mengatakan bahwa Dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang diperoleh parameter gempa akibat aktivitas sesar Sumatera ini dengan kekuatan M=4.1 Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 0.40 Lintang Selatan dan 100.44 Bujur Timur, sekitar 8 KM Timur Laut Padang Panjang-SUMBAR, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer imbuhnya.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sumatera. Hingga saat ini Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan dan Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya”, ucap Irwan Slamet melalui via ponselnya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg) tutup Slamet Mengakhiri.

Berdasarkan laporan dari salah seorang warga Rahmi yetti (33) menjelaskan goncangan tersebut dirasakan di Padang Panjang, Kab. Tanah Datar dan Bukittinggi III – IV MMI, Payakumbuh III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut pungkasnya.

reporter : Dedi HErmanto editor : Moentjak

 

Baca Juga :

 

Facebook Comments

BACA JUGA  Dua Terkonfirmasi Covid-19, Total Sudah 749 orang Terpapar Corona di Kabupaten Solok
loading...
Artikel sebelumyaDigelar Sebelum Ramadhan, Camat Pimpin Rapat MTQN 39 Kec. Lembah Gumanti
Artikel berikutnyaApel Siaga Bencana; Penanganan Bencana Tanggung Jawab Bersama