Anda Merasa Cemas? Ini Cara Mengatasinya

merasa
Kadang kita merasa cemas saat menghadapi sesuatu di luar dugaan kita. Seperti di era pandemi virus corona ini, kita merasa cemas kapan pandemi berakhir.

Seperti dilansir dari Health Line, berikut ini cara-cara mengatasi cemas yang kamu rasakan. Dicoba ya!

1. Tuliskan apa penyebab rasa cemas

Salah satu aspek kecemasan yang terburuk adalah tidak mengetahui apa yang membuatmu cemas. Dengan menuliskan perasaanmu ini jadi cara yang efektif untuk memahami perasaanmu dan mencari cara mengurangi rasa cemas. Studi menunjukkan bahwa menyimpan tulisan sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mengatasi perasaan khawatir dan dapat membantu mengurangi stres dan cemas.

2. Bicara dengan seseorang

Jika perasaan cemas membuatmu sulit berpikir jernih maka Anda harus berbicara dengan seorang yang profesional dalam kesehatan mental seperti psikolog. Namun berbicara dengan teman juga bisa membantu.

3. Berpikir positif

merasaCobalah menyusun kata-kata positif yang bisa Anda jadikan mantra setiap hari untuk membuatmu berpikir positif guna membantu mengelola suasana hati. Anda bisa mengatakan pada diri sendiri, perasaan ini hanya sementara. Ini akan menenangkan pikiran dan hatimu.

4. Jalan kaki ke luar rumah

Saat rasa cemas menyerang, cobalah berjalan pelan-pelan ke luar rumah. Carilah udara segar untuk menenangkan pikiran dan hatimu. Coba lihatlah pepohonan yang rindang untuk menurunkan stres.

Saat cemas melanda, luangkan waktu sejenak untuk bersantai dan minum segelas besar air putih. Jangan lupa berdoa, Anda akan merasa lebih baik.

Sumber: Okezone.com

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...