Asean Robotik Day, 3 Siswa MAN 1 Bukittinggi Didaulat Baca Qur’an

Asean Robotik Day, 3 Siswa MAN 1 Bukittinggi Didaulat Baca Qur'an
Bukittinggi, SuhaNews. Tiga siswa MAN 1 Kota Bukittinggi mendapat kepercayaan mengisi acara pembacaan ayat suci Alqur’an dan terjemahannya dalam bahasa Inggris pada acara Launching Asean Robotik Day ( ARD ) yang dilaksanakan oleh SMAN 28 Jakarta, Sabtu (06/03) secara Virtual.

Asean Robotic Day (ARD) merupakan acara Kompetisi Robotik rutin yang diikuti oleh Negara-negara Asean (Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara) dengan SMAN 28 Jakarta sebagai pelaksana.

BACA JUGA  Ketua TP PKK Sawahlunto Ajak Ibu-ibu Bertanam Bawang Merah

Acara ini merupakan kegiatan Kompetisi dan ajang pembuktian kemampuan robotika pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/K se Asean.

Drs.Irsyad, M.Pd. kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Minggu (07/03) mengungkapkan, “Bahwa dengan ditunjuknya MAN 1 Kota Bukittinggi menjadi salah satu pengisi acara dalam Launching ARD ini merupakan sesuatu yang patut disyukuri dan sangat membanggakan karena dengan begitu berarti di dunia robotic keberadaan MAN 1 Kota Bukittinggi sudah diakui, baik itu di Indonesia maupun di Asean,” ungkapnya.

BACA JUGA  PSBB, Pakan Kamih Salayo Berhenti Operasi

Terimakasih kepada  SMAN 28 Jakarta yang telah memilih MAN 1 Kota Bukittinggi mengisi acara launching ARD. Selamat  kepada SMAN 28 Jakarta sudah menjadi pelopor kegiatan  Asean Robotic Day, semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar”, ungkap Irsyad dalam sambutannya di awal penampilan pembacaan Alqur’an peseta didik dari MAN 1 Kota Bukittinggi.

Selain MAN 1 Kota Bukittinggi, MAN Kota Sorong, Papua dan SMA 2 Padang Sidempuan Sumatera Utara juga ikut dipercaya mengisi acara launching dengan menampilkan tarian tradisional daerah masing-masing.

Acara Launching ARD ini disaksikan oleh perwakilan negara – negara Asean, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nadiana, S.Pd, M.Pd., Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan 2, Bapak H.M.Rojdi, M.Pd dan Kepala Sekolah SMAN 28 Jakarta, Drs. Umaryadi, M.M selaku pelaksana.

BACA JUGA  Misykah Voice MAN 1 Bukittinggi Menuju 6 Besar Syiar Anak Negeri MetroTV

Secara resmi acara dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan bahwa.

“Technology That Influence Today’s Health” sebagai tema kegiatan ARD tahun ini sangat relevan dengan kondisi pandemi saat ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan dan berpengaruh terhadap kesehatan. Dan menjaga kesehatan adalah masalah utama saat ini. Secara umum kegiatan ini punya potensi untuk mengantarkan pelajar membaca perobahan secara lebih awal, pelajar  akan digiring untuk bisa berfikir logis, sistematis, runtut. Insya Allah pelajar yang mengikuti kegiatan ini akan menjadi pribadi – pribadi yang akan memanfaatkan teknologi untuk kemaslahatan dan semoga peserta bukan hanya meraih cita – cita tapi Insya Allah bisa melampaui semua cita – cita.

Samuel, ketua panitia kegiatan dalam lamporannya menyampaikan, “Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada ARD tahun 2021 ini, kategori yang akan diperlombakan adalah kategori robot Theatre, Robot In Movie, Robot Creative, Robot Simple Task dan Robot Creation “ungkapnya.

BACA JUGA  Syiar Anak Negeri , Ajang Misykah Voice Promosikan MAN 1 Bukittinggi

Zulkhairi, M.Pd selaku pembina Ekstrakurikuler Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi mengatakan, “Insya Allah MAN 1 Kota Bukittinggi akan ambil bagian dalam kompetisi robotic pada Asean Robotik Day yang akan digelar pada 21 – 22 September tahun ini. Dan Insya Allah Tim Robotic MAN 1 Kota Bukittinggi akan mengirim dua kategori dari lima kategori yang ditawarkan,” jelasnya.

“Dalam mengisi acara Launching ARD tersebut MAN 1 Kota Bukittinggi mengutus Finta putri Sholeha bersama Ailul Hasnah sebagai pambaca ayat suci Alqur’an dan Windy Putri Anjeli sebagai pembaca terjemahan berbahasa Inggris,”

Ia menuturkan, supaya tampil maksimal, Finta, Hasnah dan Windy dilatih dengan maksimal dibawah bimbingan Tim Sukses Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi, yang juga terdiri dari guru Seni Baca Alqur’an. Alhamdulillah berkat latihan yang keras dan penuh kesabaran mereka dapat tampil dengan baik.

BACA JUGA  Covid-19 Kota Solok, 4 Terkonfirmasi Positif dan 9 Sembuh

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan siswi MAN 1 pada ajang begengsi ini yaitu siswi MAN 1 Kota Bukittinggi di daulat untuk menjadi salah satu pengisi acara dalam Launching Asean Robotic Day (ARD). Hal ini sangat membanggakan dan patut disyukuri karena keberadaan MAN 1 diakui hunia robototik, baik itu di Indonesia maupun di Asean.

“Selamat untuk Siswi MAN 1 Bukittinggi. Teruslah berjuangbuntuk mengapai cita-cita sesuai bakat masing-masing. Madrasah hebat bermartabat,” pungkasnya.

reporter : Yal editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...