Awali Event Pacu Kuda, Ninik Mamak Arak-Arakan Naik Bendi Menuju Bancalaweh

Awali Event Pacu Kuda, Ninik Mamak Arak-Arakan Naik Bendi Menuju Bancalaweh
SuhaNews – Mengawali Pacu Kuda Alek Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto (Pabasko), Ahad (26/6), diawali dengan prosesi arak-arakan ninik mamak dengan menumpang bendi.
Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati, serta ninik mamak perwakilan dari 23 nagari di Pabasko berada di atas bendi ini menuju lokasi acara.

Mengunakan 14 buah bendi dan bugih, arak-arakan ini dimulai dari Pendopo Rumah Dinas Wali Kota. Melewati rute SMKN 1, Gedung M. Syafei, Pasar Pusat, Tanah Hitam dan finish di Gelanggang Pacuan Kuda disambut dengan Tari Gelombang.

Sebelumnya, Wako Fadly menyampaikan, “alek pacu kudo” ini merupakan tradisi yang mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat.

“Tahun 2019 lalu, hampir 30 ribu lebih masyarakat yang hadir menyaksikan event pacu kuda ini. Saya rasa saat ini akan lebih dari itu,” ujarnya.

Diungkapkannya, pada penyelengaraan kali ini, panitia telah menyiapkan sarana berjualan bagi UMKM secara gratis. “Mudah-mudahan bisa kita nikmati bersama dan jadi sejarah yang luar biasa sebagai sarana kekerabatan dan silaturahim antara kita semua,” tambahnya.

Fauzi Bahar dalam kesempatan ini menyampaikan, Kota Padang Panjang akan menjadi pilot project terkait restorative justice. Ini sesuai dengan kerja sama Polda Sumbar bersama LKAAM Sumbar.

“Mohon dukungan ninik mamak. Selasa lusa, kita akan lakukan penandatanganan hal tersebut,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Fauzi juga mengundang ninik mamak Pabasko untuk dapat hadir dalam acara melewakan gala Kapolda Sumbar yang akan berlangsung pada 1 Juli mendatang di Istano Basa Pagaruyung. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

BACA JUGA  Gelanggang Pacuan Kuda Bancalaweh, Latar Nyata dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck
loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Hadiri Acara Perwata Tanjung Alai yang Pulang Basamo
Artikulli tjetërZiarah ke Armuzna dan Jabal Nur, Jamaah Haji 50 Kota Lihat Situs Bersejarah di Makkah