Balasan Allah dalam Alquran untuk Orang yang Sabar

147
Allah
ALLAH SWT menyuruh hambaNya bersabar atas segala ujian. Sang Pencipta sangat cinta kepada orang-orang yang sabar. Hikmah di balik kesabaran adalah kebahagiaan. Allah meninggikan derajat orang yang sabar. Karena kesabaran malah, maka ganjarannya adalah surga.

Kesabaran hanya dimiliki oleh segelintir orang, mereka yang hatinya senantiasa tenang dan meyakini benar bahwa Allah di atas segalanya. Orang-orang yang terlalu materialis susah untuk sabar dan sering putus asa saat ditimpa berbagai ujian.

Inilah janji Allah dalam Alquran Surah An Nahl ayat 96;

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ ۖ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ بَاقٍ ۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Gusti Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An Nahl 96)

Dikutip dari artikel ditulis santri Pondok Pesantren Al Kholil Sidoarjo, Fahmi Ali Nufail Haiqal di kolom jaringansantri.com, sabar adalah yakin bahwa musibah itu kehendak Allah, semua itu milik Allah, bakal kembali pada Allah cepat atau lambat lalu berusaha mendekat pada Allah.

Nah, siapa saja yang yakin akan hal itu lalu berbuah kesabaran, bakal diberi ganjaran.

Allah berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (١٥٥) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (١٥٦) أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ (١٥٧)

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji´uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Al Baqarah 155-157)

Dari ayat-ayat tersebut, mengandung makna bahwa tidak semua orang punya keyakinan seperti itu. Karena itulah mengapa kesabaran itu amat mahal harganya.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

من أقل ما أوتيتم اليقين وعزيمة الصبر ومن أعطى حظه منهما لم يبال ما فاته من قيام الليل وصيام النهار

“Ada hal yang tidak sembarangan diberikan Allah kepada kamu sekalian manusia, yaitu hati yang penuh keyakinan dan teguh kesabaran. Siapa saja yang beruntung diberi dua anugerah itu, pasti dia tidak akan peduli dengan apapun yang tidak dimilikinya, kecuali sholat malam dan puasa di siang hari.”

(Tulisan ini sudah tayang di Okezone.com)

Baca Juga:

 

Facebook Comments

loading...