Bergerak di Bidang Agro Industri, BLK Komunitas di Sungai Tarab Diresmikan

komunitas
Tanah Datar, SuhaNews -Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bidang Ekobang, Nusyirwan resmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa, Kamis (2/9/2021) di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab. 

Peres,an ini dihadiri oleh Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa Febby Dt. Bangso, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri, perwakilan BLK Padang, Kepala OPD terkait, Camat Sungai Tarab, Wali Nagari Gurun dan undangan lainnya.

Baca juga: Bangun BLK: Bupati Solok Terima Kunjungan Sekretaris Jenderal Kemnaker RI

“Keberadaan BLK Komunitas dinilai sangat strategis dalam mendukung visi misi Pemerintah Tanah Datar, terutama dalam menyukseskan pencapaian Program Unggulan (Progul) yang telah dicanangkan,” ujar Nusyirwan.

BLK ini dinilai mampu mendukung Progul untuk menciptakan 1.000 wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru, mengurangi pengangguran sdan menumbuhkembangkan UMKM,” tambah Nusyirwan.

Pemerintah Daerah, jelas Nusyirwan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Febby Dt. Bangso dan BLK Padang yang telah mengalokasikan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun 2020.

Melalui pelatihan di BLK, jelasnya, para peserta akan bisa mengasah pengetahuan, keterampilan dan sikap.

“BLK bertujuan menyelenggarakan pelatihan kompetensi untuk hasilkan keahlian yang berguna di dunia kerja,” tambah Nusyirwan.

Selain di Sungai Tarab ini, BLK juga sudah ada di Rambatan, Pariangan dan X Koto. Ke depan, diharapkan seluruh kecamatan di Tanah Datar memiliki BLK.

Sementara Febby Dt. Bangso menyampaikan bahwa BLK Komunitas merupakan fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan lembaga non pemerintah yang bertujuan memberikan pelatihan.

“Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa menilai potensi di Kecamatan Sungai Tarab cukup tinggi, sehingga dengan kerjasama dan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan semua pihak, BLK Komunitas dengan konsentrasi bidang Agro Industri bisa terwujud,” ujarnya.

BACA JUGA  Fadly Amran Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan

“Karena BLK Komunitas ini telah hadir, silahkan manfaatkan semaksimal mungkin, baik itu masyarakat Gurun, Sungai Tarab ataupun dari kecamatan lain,” ujar Febby.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri mengatakan bahwa PNP mempunyai berbagai jurusan dan program pendidikan, yang akan mendukung BLK Komunitas ini dalam memberikan pelatihan ataupun sharing ilmu dan informasi. (Dajim)

Baca juga: Dibuka Walikota Deri Asta, UPTD BLK Sawahlunto Adakan 9 Paket Pelatihan

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaAli Umar Dilantik Sebagai Pj Wali Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan
Artikel berikutnyaKota Sawahlunto Memperoleh Penghargaan dari Kementerian Keuangan