Berprestasi, Santri Ponpes An Nahl Melaju Ke OSN Nasional

prestasi
Tj. Pati, SuhaNews -Dua orang santri Pondok Pesantren (Ponpes) An Nahl Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota kembali torehkan prestasi bidang akademik tingkat Provinsi Sumatra Barat. Inaayah Safira dan M. Fatih Al Khair, adalah dua santri Pondok pesantren An Nahl yang melaju ke tingkat nasional pada ajang Olimpiade Sain Nasional (OSN) jenjang SMP tahun 2022.

Inaayah dan Fatih, masing-masing pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), melenggang ke OSN Tingkat Nasional setelah mengikuti OSN tingkat Provinsi Sumatra Barat pada 28 Juni 2022 yang lalu. Mereka berhasil menyisihkan rekan-rekannya dan memperoleh nilai terbaik.

Perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren An Nahl Guguak, Dina Rahmi, saat dikonfirmasi menyatakan bangga dan bersyukur atas prestasi Inaayah dan Fatih. Dina menyebut prestasi Inaayah dan Fatih menambah deretan prestasi santri An Nahl tahun ini. Inaayah dan Fatih yang telah duduk di kelas IX pada tahun Pelajaran 2022/2023 adalah santri yang juga hafal Alquran.

“Hingga saat ini Inaayah sudah hafal Alquran 4 juz. Ia anak yang rajin. Bukan hanya pada mata pelajaran IPA, ia juga memperoleh nilai yang tinggi pada mata pelajaran yang lain. Bila ada halangan belajar ke pesantren, Inaayah tidak segan-segan mendatangi guru mapel yang bersangkutan untuk minta tugas atau meminjam catatan temannya, agar tidak ketinggalan pelajaran,” terang Dina.

Inayah, putri pasangan Hendra dan Fitri, yang tinggal bersama orang tuanya di Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh, juga seorang santri yang pendiam. Namun dalam hal pelajaran ia tidak bisa tinggal diam. Ia santri yang aktif dan mudah akrab dengan teman-temannya.

Senada dengan Inaayah, Fatih juga santri yang sudah hafal Alquran 7 juz. Putra pasangan Fauzi dan Eka Fitria yang tinggal di Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan ini sangat menyukai mata pelajaran IPS. Ia juga jago MC dan menyukai seni. Walau sedikit pendiam, Fatih mudah bergaul dengan siapa saja. Tampilannya selalu rapi membuat guru dan temannya menyukainya.

BACA JUGA  227 Santri PPM Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak Ikuti Tes IQ

“bukan hanya bangga kepada Inaayah dan Fatih. Tapi kita bangga kepada santri kita yang masing-masing mereka memiliki kompetensi berbeda-beda, baik akademik maupun non akademik. Support dan bimbingan selalu kita berikan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan santri. Kedepan tentu kita berharap raihan prestasi akan semakin banyak dicapai oleh santri An Nahl. Kami juga mohon dukungan dan doa dari kita semua untuk kesuksesan Inaayah dan Fatih pada OSN tingkat nasional pada 2 Agustus 2022 mendatang,” pungkas Dina.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota yang dikonfirmasi sekaitan prestasi santri ini mengucapkan selamat sekaligus rasa bangganya.

“Semoga ananda Inayah dan Fatih sukses di tingkat nasional dan mengharumkan nama Luhak Nan Bungsu,” ujar Irwan.

Irwan menyebutkan, ini salah satu bukti bahwa santri adalah anak-anak terbaik yang mendapat kesempatan menempuh pendidikan di pondok pesantren. “Insya Allah kedua anak kita ini akan menjadi kebanggaan kita Kabupaten Lima Puluh Kota dan para santri  tidak hanya di Ponpes An Nahl tetapi seluruh santri di Luhak Nan Bungsu,” pungkas Irwan. (Nina)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPolda Sumbar Siap Dukung Agenda Visit Beautiful West Sumatera 2023
Artikulli tjetërTurnamen Sepak Bola Pantai RKPS CUP 2022, Genius Umar: Olahraga sambil Wisata