Buka MTQ Padang Gantiang, Eka Putra Berharap Lahir Bibit Kafilah Terbaik

Buka MTQ Padang Gantiang, Eka Putra Berharap Lahir Bibit Kafilah Terbaik
Batusangkar, SuhaNews – Membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Tingkat Kecamatan Padang Gantiang, Bupati Tanah Datar, Eka Putra berharap lahirnya Qori dan Qoriah terbaik yang menjadi kafilah Luhak Nan Tuo nantinya.

Selain untuk meningkatkan gairah generasi muda dalam membaca dan memahami Al Qur’an, MTQ juga bisa dijadikan tolak ukur tingkat pendidikan yang diterima santri dan santriwan di Lembaga Pendidikan Al Qur’annya.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke V Tingkat Kecamatan Padang Ganting di Talago Biru Jorong Taratak VIII Nagari Atar, Senin (29/11/2021).

“Dengan MTQ, kita berharap keinginan generasi muda semakin tinggi membaca dan memahami kandungan Al Qur’an sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Eka.

Kemudian Bupati menyampaikan terima kasih kepada panitia, tokoh masyarakat dan dewan hakim yang telah membantu mempersiapkan dan mendukung pelaksanaan MTQ N Ke V Tingkat Kecamatan Padang Ganting.

“Terima kasih kepada semua pihak telah membantu dan dukung acara ini sehingga berjalan sukses. Semoga ajang ini bisa melahirkan bibit kafilah terbaik yang akan berlaga di ajang lebih tinggi, karena itu diharapkan dewan hakim memberikan penilaian fair dan transparan, sehingga yang menjadi juara memang yang terbaik,” kata Eka.

Ditambahkan Bupati Eka, pelaksanaan MTQ sejalan dengan program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah yang telah dilaunching beberapa waktu.

“Selain MTQ yang menjadi salah satu perhatian utama di bidang keagamaan, Program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah bertujuan agar 15 sampai 30 tahun mendatang di Tanah Datar banyak pejabat ataupun masyarakat yang hafal Al Qur’an,” tukasnya.

Sebelumnya Ketua Penyelenggara Yusparman menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Bupati dan rombongan yang membuka kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Padang Ganting.

BACA JUGA  Capaian Vaksin di Tanah Datar Sudah 27 Persen

“Alhamdulillah, di tengah kesibukan dan jadwal padatnya, Pak Bupati meluangkan waktu di Atar ini, tentu ini menjadi kebahagiaan dan kebanggaan serta motivasi bagi kami semua masyarakat Padang Ganting,” katanya.

Yusparman mengungkapkan, gelaran MTQ N Ke V Tingkat Kecamatan Padang Ganting berlangsung selama 2 hari.

“Perlombaan yang akan diikuti 97 orang kafilah dari Nagari Atar dan 95 orang kafilah dari Nagari Padang Ganting, di mulai selepas acara pembukaan hari ini. Dan direncakan esok final serta penutupan,” tukasnya.

Kegiatan turut dihadiri anggota DPRD Eri Hendri dan Jasmadi, Kemenag Tanah Datar, Sekcam, Forkopimca Padang Ganting, Wali Nagari, KAN, BPRN dan undangan lainnya. Dajim

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBuka Kegiatan HAB 76, Kakanwil Ajak ASN Kemenag Sukseskan 7 Program Prioritas
Artikel berikutnyaSPFC bertahan di liga 2, Audy : Tahun Depan Kita ke Liga I