Buka Muscab FKDT Bupati 50 Kota Apresiasi Peran Guru MDTA

Buka Muscab FKDT Bupati 50 Kota Apresiasi Peran Guru MDTA
Sarilamak, SuhaNews. Bupati 50 Kota yang diwakili oleh Kabag Kesra Arwital, buka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) II Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021, Selasa (8/6) di aula Kantor Kemenag di Sarilamak.

Dalam sambutannya pada MUscab FKDT ini, Bupati 50 Kota melalui Kabag Kesra menyampaikan apresiasinya pada guru MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) dalam memajukan pendidikan keagamaan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Kabag Kesra, selalu menganggarkan dana kesejahteraan untuk seluruh lembaga sosial yang telah mencerdaskan anak bangsa, termasuk FKDT. Namun itu tentu melalui proses yang tidak mudah,” ujar Arwital sebagaimana pesan Bupati.

BACA JUGA  Taddabur Alam, Tutup Camp Tahfiz MDTA Miftahul Jannah Parak Gadang Salayo

Dijelaskannya, meskipun saat ini pemerintahan di Kabupaten 50 Kota dalam masa transisi, emerintah daerah akan berusaha memberikan yang terbaik untuk guru-guru MDTA se Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Semoga dalam rancangan anggaran tahun ini, kami bisa memberikan apresiasi untuk bapak ibu di tahun mendatang,” sebut Arwital.

Disebutkannya, pemerintah menyadari peran penting MDTA dalam memebntuk katrakter dan merubah akhlak para santri. Untuk itu diharapkan kedepannya MDTA juga bisa mengajarkan adat istiadat dan budaya sehingga, para santri mendapatkan pemahaman adat basansi syarak dan syarak basandi kitabullah.

“Menilik pada masa silam, para anak lelaki itu tidur bukan di rumah, tapi di surau dan langgar. Mereka bukan hanya belajar agama, tapi juga adat istiadat dan belajar bela diri. Kami sangat mengharapkan kegiatan ini juga kembali digalakkan kepada santri MDTA. Harapan ini kami tompangkan kepada bapak ibu tenaga pendidik di MDTA,” pungkas Arwital sebelum membuka acara Muscab secara resmi.

Naharudin, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, dalam sambutannya menyebut, Kementerian Agama akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan hidup dan kehidupan beragama di Kabupaten Lima Puluh Kota.

BACA JUGA  KSMO 2020, 6 Siswa MAN 2 Solok Melaju ke Tingkat Nasional

“FKDT adalah Lokomotor dari kegiatan-kegiatan keagamaan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Santri MDTA di masa mendatang akan menjadi putra-putra terbaik Lima Puluh Kota berkat kegigihan bapak ibu mendidiknya. Kepada bapak ibu tertompang harapan itu semua,” harapnya.

Naharudin juga berpesan, Muscab ini bisa terlaksana dengan baik dan memiliki pengurus yang memang mempunyai kemauan dan kemampuan untuk pengembangan keagamaan di Kabupaten Lima Puluh Kota di masa lima tahun mendatang.

“Hal ini tentu sejalan dengan tema Muscab yang di usung hari ini, Meneguhkan Komitmen, Meningkatkan Peran, Menuju FKDT Kuat MDTA Hebat” tutup Naharudin.

Ikut menghadiri kegiatan ini, Kepala Seksi PD Pontren, Ifkar, Kepala Seksi Bimas Islam Islam, Safrijon, Ketua DPC FKDT Kabupaten Lima Puluh Kota, Muhammad Irdamsyah, dan khusus Ketua DPW FKDT Provinsi Sumatera Barat, Firdaus Gani, melalui zoom meeting.

reporter : Nina editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...