Bundo Kanduang KBRC Riau Silaturrahmi di Kaum Datuak Pamuncak Banda Baru.

riau
Lubuk Basung, SuhaNews – Pengurus beserta rombongan Bundo Kanduang Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Keluarga Besar Rang Caniago (KBRC) Provinsi Riau anjangasana ke Kabupaten Agam, Sabtu (6/11).

Rombongan  terdiri atas DPW KBRC Bundo Kanduang, Pengurus DPD KBRC se-Riau disambut rombongan bundo kanduang DPD KBRC Kabupaten Agam di Rumah Gadang Caniago kaum Datuak Pamuncak Banda Baru.

Baca juga: Lestarikan Baju Kuruang Basiba, Bundo Kanduang Nagari Panampuang Gelar Lomba

Juga hadir Ketua DPP KBRC Indonesia, Edi Riando Rajo Basa, Anggota DPRD Kabupaten Agam, Saflin, Indranova Dt. Panduko Basa, Dedi Dt. Hitam dan Maestro Adat Minangkabau, Angku Yus Dt. Parpatiah sebagai narasumber adat-istiadat.

“Kedatangan rombongan ke DPD KBRC Kabupaten Agam dalam rangka mempererat silaturahmi antara bundo kanduang yang ada di rantau dan di ranah,” ujar Ketua Bundo Kanduang KBRC DPW Riau, Bundo Fitri.

Meski kami beraktivitas di rantau,  jelasnuya, hubungan silaturahmi antara kita janganlah sampai terputus, makin terjalin eratlah hendaknya hubungan ini.

Kedatangan rombongan, tambah Bundo Fitri, juga membawa sejumlah program dalam rangka peningkatan ekonomi kaum ibu, khususnya keluarga besar Caniago. Program tersebut diharapkan bisa disinkronkan antara di rantau dan ranah.

“Mudahan juga terjalin koordinasi yang baik antara Riau dan Kabupaten Agam,” imbuhnya.

Ketua DPP KBRC Indonesia, Edi Riando Rajo Basa mengatakan, silaturahmi yang berlangsung juga dalam rangka memperkuat barisan Bundo Kanduang KBRC di Indonesia dan mancanegara.

“Momentum ajangsana ini juga merupakan wujud komitmen dari pengurus dan bundo kanduang KBRC DPW Riau khususnya dan KBRC se-Indonesia pada umumnya,” katanya.

riauPihaknya bertekad mengembalikan fungsi bundo kanduang selayaknya zaman dahulu. Untuk itu, pihaknya juga tengah mengupayakan pembentukan kepengurusan bundo kanduang KBRC se Indonesia.

BACA JUGA  19 Kasus Baru Covid-19 Kota Solok, 2 Diantaranya Meninggal Dunia

Pihaknya berharap pertemuan yang serupa intensitasnya terus ditingkatkan. Selain pertemuan tatap muka, pertemuan secara virtual juga diharapkan dapat terlaksana minimal sebulan sekali.

“Harapan kita dapat berjalannya program yang membentuk semangat kebersamaan dan pengembangan perekonomian rang caniago,” ujarnya. (*)

Baca juga: Ny. Yenni Andri Warman Terima Bundo Kanduang Agam di Lubuk Basung

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaMasjid H. Alisma Alius Dibangun di Nagari Batang Barus
Artikel berikutnyaUda Uni Duta Wisata Kabupaten Agam Menjadi Duta Sumbar ke Nasional