Bundo Kanduang Nagari Gadut Tingkatkan Kapasitas

gadut
Lubuk Basung, SuhaNews – Bundo Kanduang Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang menggelar pelatihan peningkatan kapasitas, Rabu (8/6). di aula kantor wali nagari setempat.

Kegiatan itu dibuka Camat Tilatang Kamang Ridwan dan dihadiri Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Bundo Yenni Andri Warman, sebagai narasumber.

Baca juga: Guru PAUD dan Tutor Kota Pariaman Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas

Camat Tilatang Kamang Ridwan, menyebutkan bahwa digelarnya pelatihan SDM bagi bundo kanduang guna memperbaharui ilmu pengetahuan dalam melaksanakan peranannya sebagai “limpapeh rumah nan gadang” di era modernisasi dan digitalisasi.

“Melalui pelatihan ini diharapkan bundo kanduang dapat tampil dengan perannya di tengah kehidupan mengikuti zaman, namun tetap berpijak pada nilai budaya Minang yang termodifikasi dalam bentuk sumbang duo baleh,” ujar camat.

Camat berharap, peran bundo kanduang semakin dirasakan masyarakat, sehingga budaya Minangkabau di Kabupaten Agam, khususnya di Gadut tetap lestari.

Sementara itu, Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Bundo Yenni Andri Warman, meminta Bundo Kanduang harus mampu meningkatkan kapasitasnya sebagai ibu sejati dan melestarikan adat budaya Minangkabau. Maka hendaknya organisasi ini memiliki program yang kongkrit, pengurus yang solid dan sekretariat yang memadai.

Menurut istri bupati itu, secara harfiah mempunyai arti Ibu Sejati yang mempunyai peran yang berpengaruh terhadap perkembangan dan pelestarian budaya alam Minangkabau.

“Fungsi Bundo Kanduang dalam kaum terlihat dalam kiasan Limpapeh Rumah Nan Gadang, amban paruik, ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek babarito, payuang panji dalam sarugo,” ungkap Bundo Yenni. (Fin)

Baca juga: Bupati Agam: Masalah Eks Lapangan Udara Gadut Segera Diselesaikan

Facebook Comments

BACA JUGA  TP PKK Agam Promosikan Galery Pinjaik Patah kepada TP PKK Muaro Jambi
loading...
Artikulli paraprak79 Jemaah Haji BPS BSI di Pasaman Tunaikan Haji Tahun Ini
Artikulli tjetërPemondokan Disamping Masjid Nabawi, JCH Kab. Solok Mulai Arbain