Bupati Andri Warman Kukuhkan Pengurus Forikan Agam

bupati
Lubuk Basung, SuhaNews – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman mengukuhkan pengurus Forikan Agam, di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Selasa (14/12).

Dalam kepengurusan Forikan ini, ketua umum adalah Ny. Yennita Andri Warman, ketua harian Ny. Titik Irwan Fikri dan wakil ketua, Ny. Elmawati Edi Busti.

Baca juga: Forikan Agam Sosialisasikan Gemarikan kepada Anak TK

“Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) diharapkan lebih gencar mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan,” ujar upati Agam, Dr. H. Andri Warman.

Ikan merupakan salah satu sumber kaya gizi, yang dapat meningkatkan pertumbuhan anak lebih baik.

“Forikan mitra pemerintah daerah yang miliki peran penting dalam menyukseskan ini. Karena melalui programnya dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan penting mengkonsumsi ikan,” tambah Andri Warman.

Pertumbuhan anak, jelas Bupati AWR, harus didukung kecukupan asupan gizinya, supaya dapat mencegah terjadinya stunting salah satunya dengan sering mengkonsumsi ikan.

Dengan sering makan ikan akan meningkatkan kecerdasan anak. Diharapkan Forikan lebih gencar menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan setiap harinya,” pintanya.

“Jika perlu, ikan menjadi menu utama untuk menjamu tamu yang berkunjung ke Agam, karena ini juga upaya untuk menggelorakan gemar mengkonsumsi ikan di tengah masyarakat,” jelas Andri Warman.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Rosva Deswira menambahkan, meningkatkan konsumsi ikan ini perlu dilakukan sosialisasi ke sekolah, untuk berikan pemahaman pada anak bahwa ikan miliki gizi yang kompleks.

Ketika pemahaman ini sudah diterima anak, diharapkannya ikan menjadi makanan yang selalu disajikan di rumah oleh keluarganya.

“Kita juga mendorong masyarakat untuk budidaya ikan dalam mencukupi ketersediaan ikan. Tidak perlu lahan luas, bisa Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) selain kolam terpal dan lainnya,” katanya. (*)

BACA JUGA  Nagari Sungai Batang Raih Penghargaan Daya Tarik Wisata ADWI 2021

Baca juga: Ny. Emiko Epyardi Asda Ikuti Rakor Forikan Provinsi Sumatera Barat

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKabupaten Solok Juara Turnamen Badminton ‘Senja Musafir Cup 2021’ di Sawahlunto
Artikel berikutnyaGubernur Sumbar Luncurkan Aplikasi Sumbar Madani