Bupati Epyardi Asda Resmikan Klinik Desain dan Kemasan UMKM Kabupaten Solok

Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar menutup rangkaian kegiatan Pelatihan UMKM Kabupaten Solok Bangkit dan Peresmian Klinik Desain dan Kemasan UMKM Kabupaten Solok, Jumat, 23 Desember 2022 di Klinik Desain dan Kemasan UMKM Kabupaten Solok.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, S.I.K., Asisten I  Drs. Syahrial, MM., Staf Ahli Bid. Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan  Eva Nasri, SH, MM., Kepala Dinas Koperindag  Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Djoni, Kepala Dinas Pertanian  Kennedy, Anggota DPRD Septrismen, Kepala BUMN dan BUMD, Kepala Bagian Incubasi Smesco Indonesia Dicky Indrawan, Kepala Bagian Humas Smesco Indonesia Mirah Ayu, Perwakilan Bank Indonesia, OPD, Camat, dan Walinagari.

Baca juga: Gubernur Berikan Penghargaan 9 Kabupaten/Kota Peraih PL-UMKM dan Enumerator Terbaik 2022

“Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Solok bersama Smesco Indonesia sudah menuntaskan program “UMKM Solok Bangkit”,” ujar Bupati Epyardi Asda.

Capaian ini merupakan realisasi dari MoU yang ditandatangani oleh kedua pihak pada 17 Desember 2021. Ada 10 kali pelatihan dan pendampingan yang dilakukan pada tahun ini, meliputi aspek legalitas, inovasi produk, packaging, konten digital, pemasaran sampai literasi keuangan.

“Tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keahlian terahadap 200 UMKM yang sudah terkurasi di Kabupaten Solok dari sektor fashion, kerajinan dan kuliner yang berbasis kearifan lokal,” tambah Epyardi Asda.

Pelatihan dari hulu ke hilir ini, jelas Epyardi Asda, merupakan solusi dari permasalahan yang sering dialami oleh UMKM. Program Solok Bangkit ini adalah langkah nyata untuk mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi mikro paska pandemi, dengan didasarkan pada pola kerja quick out of the box

BACA JUGA  Masyarakat Buka Jalan Ikua Kampung Bungo Tanjung menuju Lapai Cimparuh

Kerja sama ini akan mengubah pola pikir pelaku UMKM dan mengubah pola pemasaran ke arah transformasi digital yang terintegrasi dalam sebuah ekosistem besar dengan memperkuat pondasi bisnis UMKM melalui pelatihan dasar UMKM,” jelas Epyardi Asda.

Pemerintah Kabupaten Solok dan Smesco Indonesia ini telah menunjukkan geliat pertumbuhan ekonomi UMKM dengan keterlibatan aktif UMKM pada berbagai kegiatan pelatihan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok.

“Tahun 2022 merupakan momentum kebangkitan UMKM Solok untuk meningkatkan kemampuan usaha dan memperluas jaringan bisnis,” ujar Epyardi Asda.

Smesco Indonesia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Solok karena adanya komitmen yang kuat dari Bupati Solok. Dari target awal yang dicanangkan dari program ini yaitu bagaimana menuntaskan permasalahan UMKM. Bahkan sekarang kembali ditandatangani MOU pengiriman ekspor produk kerajinan merchandise ke Rusia dengan pengiriman awal sebanyak 1000 pcs.

“Selama pelatihan telah didapatkan laporan legalitas UKM periode 2022 dengan total 375 Realisasi Legalitas dengan 11 Realisasi Legalitas Halal, 2 Realisasi Legalitas BPOM, 37 Realisasi Legalitas HAKI, 125 Realisasi Legalitas PIRT, 200 Realisasi Legalitas NIB,” ujar Dicky Indrawan.

bopatiDalam kegiatan ini juga diresmikan Klinik Desain dan Kemasan UNKM Kabupaten Solok yang merupakan buah pemikiran Bupati Solok untuk lebih meningkatkan kualitas Produk-produk UMKM..

Direktur Smesco berharap kerjasama dengan pemerintah kabupaten Solok dapat terus berlanjut, dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Bupati Solok menyampaikan bahwa kerjasama dengan Smesco bukan hanya sampai di sini, tetapi akan ada banyak proposal kerjasama yang akan diajukan oleh pemerintah Kabupaten Solok.

“Jika produk UMKM bisa memberikan hasil yang layak, maka pemerintah daerah akan menyediakan Rumah Distribusi untuk memasarkan produk-produk ini ke ranah yang lebih besar,” ujar Epyardi Asda. (Wewe)

BACA JUGA  Mutasi Bergulir, Bupati Solok: Tingkatkan Kinerja dan Profesionalitas

Baca juga: Bupati Solok Serahkan Bantuan Peralatan Bansos UMKM dan IKM

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -