Bupati Rusma Yul Anwar: Selain Covid-19, Waspadai Ancaman Penyakit Menular Lainnya

bupati
Pesisir Selatan, SuhaNews – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman penularan berbagai penyakit menular lainnya, selain Covid-19.

“Masih tingginya penyebaran penularan Covid-19 harus disikapi oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” ujar Rusma Yul Anwar, Rabu (28/7) di Painan.

Yang tidak kalah penting, jelas Rusma Yul Anwar, menjaga diri dari ancaman penyakit menular lainnya. Karena keterbatasan kemampuan rumah sakit dalam menampung dan melayani pasien di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga: Pemerintah Tegaskan Masyarakat Wajib Divaksin Covid-19

“Keselamatan pasien bisa terancam dengan riwayat penyakit lain ketika berobat atau dirawat di rumah sakit,” katanya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dari ancaman berbagai penyakit menular lainnya itu, jelas Bupati, Dinas Kesehatansupaya melakukan pemetaan lingkungan.

“Kerawanan terhadap penyebaran penyakit menular ini perlu diwaspadai. Karena ancamannya bisa terjadi kapan dan di mana saja,” ujar Bupati Rusma Yul Anwar.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa,  menjelaskan bahwa selain melakukan pemetaan lingkungan, pihaknya saat ini juga meningkatkan kesiagaan pada semua sarana pelayanan kesehatan mulai dari tingkat Posyandu, Poskesri, hingga Puskesmas.

“Pemantauan terhadap penyakit menular lainnya, Tuberkulosis (TBC), Malaria dan HIV/AIDS tetap dilakukan,” ujar Satria Wibawa.

Beberapa jenis penyakit tidak menular yang juga perlu diwaspadai, jelasnya, adalah diabetes melitus (DM),  hipertensi, pasca stroke dan jantung.

“Penyakit yang ditimbulkan oleh faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat itu, juga sangat menakutkan dan harus diwaspadai,” ingat Satria Wibawa. (*/We)

Baca juga: Ibu Baru Meninggal, Marisna Fitria Harus Berjuang Melawan Penyakit Yang Membelitnya

Facebook Comments

BACA JUGA  Camat Hingga Aparat Nagari Ikuti Vaksinasi Covid-19 di X Koto Diatas
loading...
Artikel sebelumyaPemkab Tanah Datar dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama
Artikel berikutnyaGubernur: Bantuan Sosial Bantu Tingkatkan Imun Masyarakat