Bupati Solok Buka Festival Kesenian Nagari Muara Panas

bupati
Muara Panas, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sultan Majo Lelo, M.Mar.,membuka Festival Kesenian Manyongsong Alek Gadang Ketiga Nagari Muara Panas, Kecamatan Bukit Sundi, Sabtu, 19 Maret 2022.

Festival Kesenian ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. H. Emiko Epyardi Asda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir, Anggota DPRD, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD, Camat Bukit Sundi Drs. H. N. Effyardi., Forkompimcam,

Baca juga: Hendri Septa Apresiasi Festival Qasidah Rebana Sumarak Manyambuik Ramadan 1443 H

Walinagari se-Kecamatan Bukit Sundi, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok Edi Satria, S.Sn, M.Sn., Ketua KAN Muara Panas Angku Datuak Elson Dt. Rajo Gumiang., Niniak mamak Bundo Kanduang Parik Paga dalam Nagari Muara Panas dan masyarakat Nagari Muara Panas.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok Edi Satria mengatakan bahwa kegiatan ini sudah dirancang 4 Bulan yang lalu. Berkat kerjasama panitia dengan dengan Parik Paga dalam Nagari dan Kerapatan Adat Nagari Muara Panas, kegiatan ini dapat terlaksana.

“Kegiatan ini sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2020, dan ini merupakan kali ketiga kita mengadakan Festival Kesenian di Kabupaten Solok,” ujar Edi Satria.

Selama mengadakan kegiatan, jelas Edi Satria, selalu mendapatkan bantuan dari Bundo Kanduang

“Panitia mendapatkan bantuan dana dari Parik Paga dalam Nagari dan Kerapatan Adat Nagari sebanyak Rp25 juta,” ujar Edi Satria.

Dewan Kesenian Kabupaten Solok, jelas Edi Satria, merupakan satu-satunya dewan kesenian yang aktif di Sumatera Barat ini. Sejalan dengan visi dan misi Bupati Solok, Dewan Kesenian mempunyai visi yang sama “Mambangkik Batang Yang Alah Lamo Tarandam”

“Dimasa kepemimpinan Bapak, kami berharap untuk dapat lebih memperhatikan Dewan  Kesenian,” tambah Edi Satria.

BACA JUGA  Bertambah Satu Lagi, Sudah 12 Pasien Covid-19 Padang Panjang Sembuh

Kepada Parik Paga dalam Nagari dan Kerapatan Adat Nagari Muara Panas, jelas Edi Satria, diucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk menyukseskan acara ini.

Angku Datuak, Ketua KAN Nagari Muara Panas mengatakan bahwa KAN Muara Panas mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok. Dalam kesibukan yang begitu banyak, tetap menyempatkan diri hadir di acara festival kesenian ini.

“Tujuan acara ini adalah untuk menuntun generasi muda di nagari Muara Panas bisa mengembangkan hal-hal positif dalam hal kesenian agar terhindar dari pengaruh negatif kenakalan remaja dan pergaulan bebas,” jelas Angku Datuak Elson Dt. Rajo Gumiang.

Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan jika ia baru sebelas bulan menjadi Bupati Solok dan baru satu tahun program anggaran yang bisa dijalankan.

“Pada anggaran tahun 2021, itu merupakan kebijakan dari pemerintahan sebelumnya,” jelas Epyardi Asda.

Sesuai dengan visi dan misi saya “Mambangkik Batang Tarandam menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatra Barat” dengan prinsip “anggaran berbasis kebutuhan rakyat”

maka setiap program yang berjalan adalah apa yang telah diusulkan oleh masyarakat,” ujar Epyardi Asda.

Pada anggaran tahun 2022, jelas Epyardi Asda, meskipun belum bisa melaksanakan Musrenbang namun sebelumnya pada saat terakhir saya menjadwalkan Rakorbang kita telah memberikan anggaran sebanyak Rp154 milyar untuk pembangunan Nagari yang ada di Kabupaten Solok ini.

“Pada tahun ini, untuk Nagari Muara Panas kita telah menganggarkan sebanyak Rp6.5 milyar untuk pembangunan,” jelas Epyardi Asda.

Saya melihat, tambah Bupati Epyardi Asda,  antusiasme masyarakat kepada kesenian cukup tinggi. Hari ini  juga digelar Pembukaan Festival Lima Danau dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke-109 di Dermaga Danau Singkarak.

BACA JUGA  HUT ke-109, Bupati Solok Hadiri Rapat Paripurna DPRD

“Saya akan berjuang dengan sungguh-sungguh Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat,” jelas Epyardi Asda.

Untuk Dewan Kesenian Kabupaten Solok, jelas Epyardi Asda, kita tata lagi bersama. Kita kumpulkan para tokoh, pelaku kesenian dan kita rembukkan bersama kepengurusan Dewan Kesenian,  yang bertanggung jawab memajukan Kesenian di Kabupaten Solok ini.

“Untuk membantu berjalannya Festival Kesenian ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Solok memberikan bantuanRp25 juta,” ujar Epyardi Asda.

Bupati Solok bersama tamu undangan lainnya melakukan pemukulan gendang sebagai simbol pembukaan acara Festival Kesenian. (Wewe)

Baca juga: Sanggar Carano Pusako Tanjung Balik Ikut Festival Kesenian Menyonsong Alek Gadang Kab. Solok

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKemenag Kota Padang Panjang Gelar FGD Pra Manasik Haji
Artikulli tjetër2 Siswa MAN 1 Solok Plus Keterampilan Hasilkan Buku Dimasa Pandemi