Bupati Solok Buka Sosialisasi dan Bimtek SP4N LAPOR!

solok
Arosuka, SuhaNesws – Bupati Solok Diwakili Asisten Koordinator Bid. Administrasi Umum Editiawarman, S.Sos, M.Si membuka seara resmi kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) dan Optimalisasi Pengelolaan Website Medsos SKPD, Selasa, 19 Juli 2022 di Gedung Solinda, Arosuka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Yefri Heriani, Kepala Diskominfo Teta Midra, SSTP, M.Si., Sekretaris Diskominfo Safriwal, S.Si, M.Cio,  Sekretaris Dinas dan Kecamatan, serta  peserta sosialisasi dan bimtek.

Baca juga: Pemkab. Solok dan Ombudsman Gelar Sosialisasi Standar Pelayanan Publik

Ketua Pelaksana Teta Midra mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi SP4N  LAPOR! diharapkan pemerintah daerah dan penyelenggara pelayanan publik lainnya dapat terhubung dengan SP4N LAPOR! agar penanganan pelayanan dapat terintegrasi secara nasional.

“Melalui SP4N LAPOR! Masyarakat diberikan fasilitas aspirasi pengaduan terhadap layanan pemerintah dan kegiatan pembangunan terkait sarana prasarana yang ada,” ujar Teta Midra.

Pada tahun 2021, jelas Teta Midra, Dinas Kominfo menerima 38 laporan dan telah ditindaklanjuti semuanya dengan persentase 100%.

Dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, tambah Teta Midra, harus ditunjang dengan prinsip transparansi informasi dengan memaksimalkan konten berupa website dan media sosial yang ada di setiap OPD.

“Bimbingan Teknis dan Sosialisasi ini agar pengelolaan pengaduan dapat dijalankan sesuai dengan prinsip SP4N yaitu “No Wrong Door Miss” yang bermakna tidak ada pintu pengaduan yang salah,” tambah Teta Midra.

Gunanya, papar Teta Midra, untuk menjamin hak masyarakat agar pengaduan apapun dengan jenis apapun dapat tersalur kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang.

Sementara Bupati Solok diwakili Asisten III Editiawarman, S.Sos, M.Si., mengatakan bahwa Sosialisasi dan Bimtek SP4N LAPOR! dan Pengelolaan Website ini  merupakan kegiatan yang penting untuk kita lakukan karena terkait pelayanan publik.

BACA JUGA  Atasi Blank Spot, Bupati Solok Sambangi Kemenko Polhukam

“Kita sudah mulai beralih pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memanfaatkan Aplikasi,” ujar Editiawarman.

Dalam waktu dekat, tambah Editiawarman, Kabupaten Solok juga dinilai oleh Ombudsman terkait pengelolaan pelayanan publik. Karena itu, ikutilah  kegiatan ini dengan serius sehingga bisa diterapkandi tempat tugas masing-masing.

“SP4N LAPOR! ini merupakan hal yang wajib kita laksanakan di SKPD masing-masing karena telah ditegaskan dalam Perbub No.42 tahun 2020 tentang pedoman pengelolaan pengaduan publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok,” tegas Editiawarman.

Kita semua, tambah Editiawarman, harus berkomitmen dan kerjasama dalam menyediakan informasi publik maupun penerima pengaduan masyarakat sebagai bentuk feedback penyelenggaraan pemerintahan.

“Pemerintah Kabupaten Solok telah menyediakan Portal pengaduan melalui Aplikasi SP4N LAPOR!,” tambah Editiawarman. (Wewe)

Baca juga: Tingkatkan Respon Penanggulangan Bencana, Wagub Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKontingen PKK Sijunjung Tampil Kompak di Agam
Artikulli tjetërKabupaten Solok Tampilkan Drama ‘Stop Pelecehan Pada Anak’