Bupati Solok Panen Raya Bawang Merah Birma di Koto Gaek Guguak

bupati
Koto Gaek, SuhaNews – Bupati Solok hadiri panen raya Bawang Merah Birma Kelompok Tani Taeh Hamparan, Jorong Linjuang Koto Tinggi, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kamis (24/2/2022).

Bupati Solok H. Epyardi Asda, hadir bersama Asisten Koordinator Bid Pemerintahan dan Kesra Edisar, SH, M. Hum., Asisten Koordinator Bid Ekonomi pembangunan Drs. Syahrial, MM., Kepala SKPD., Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Forkoimcam, Wali Nagari  Mardi Henderson, dan Wali Nagari se-Kecamatan Gunung Talang.

Baca juga: Panen Perdana Bawang di Pandai Sikek Dihadiri Gubernur dan Bupati Tanah Datar

Wali Nagari  Mardi Henderson mengatakan bahwa masyarakat Koto Gaek Guguak mulai menanam bawang merah sejak 1,5 tahun lalu.

“Bawang merah Birma ini bisa dipanen dalam waktu 75 hari sejak ditanam,”  jelas Mardi Henderson.

Bupati Solok Epyardi Asda meminta  Penyuluh pertanian harus diaktifkan karena penyuluh ini merupakan pembimbing para petani. Apalagi pertanian salah satu program unggulan.

“Wali Nagari bersama dengan kelompok tani nanti akan saya izinkan untuk studi banding tentang pertanian ke Brebes  dan akan dibiayai oleh pemerintah,” ujar Epyardi Asda.

Di Brebes, bisa dipelajari bagaimana cara bertani  sehingga kekurangan yang ada pada kita bisa diatasi, sehingga hasil pertanin semakin meningkat.

“Saya imbau seluruh walinagari di Gunung Talang untuk memberikan data kelompok tani yang ada paling lambat tanggal 20 Maret 2022,” harap Epyardi Asda.

Harapan saya, jelas Bupati, anggota kelompok tani ini benar-benar petani, agar bantuan untuk pertanian tepat sasaran.

Kita juga telah menginstruksikan Koperindag bermasa dengan Asisten, jelas Epyardi Asda, untuk mengunjungi daerah-daerah yang bisa untuk bekerja sama dengan kita di sektor pertanian.

BACA JUGA  Kunjungi Aia Luo, Bupati Solok Janjikan Perbaikan Jalan dan Bantuan Bibit Tanaman

“Pupuk subsidi akan dikelola langsung oleh perusahaan Solinda dan akan didistribusikan ke Bumnag atau Gapoktan yang ada di Kabupaten Solok,” jelas Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Harga Bawang Merah dan Daging Ayam Kampung Melonjak

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok, Epyardi Asda Lantik 423 Kepala Sekolah
Artikulli tjetërZul Elfian: Sociopreneur ID Lahirkan Anak Muda yang Kreatif