Bupati Solok: Pembenahan Danau Singkarak Tanpa Merusak Lingkungan

bupati
Bupati Solok dan Komisi IV DPRD Sumbar tinjau kawasan Danau Singkarak
Arosuka, SuhaNews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar dan DPRD Kabupaten Solok mendukung program Bupati Solok dalam membenahi kawasan wosata Dermaga Singkarak.

Dari kunjungan lapangan Komis IV DPRD Provinsi Sumbar dan Bupati Solok Epyardi Asda ditemukan fakta bahwa tidak ada kerusakan ekosistem lingkungan danau dalam pembangunan kawasan wisata ini.

Baca juga: Geopark Singkarak-Danau Kembar Terbaik di Sumatera Barat

“Investor yang membangun objek wisata tersebut justru melakukan konservasi terhadap ikan bilih yang sudah mulai langka.,” ujar Bupati Solok Epyardi Asda di hadapan anggota Komisi IV DPRD Sumbar.

Silakan dilihat, jelas Epyardi Asda, investor ini justru melakukan konservasi ikan bilih di Danau Singkarak. Dulu ikan endemik sudah langka, sekarang bisa dilihat. Cek langsung ikan bilih, dan lainnya sudah bisa kita temukan lagi di sini.

“Masuknya investor akan mempercantik kawasan dermaga Singkarak,” jelas Bupati Solok Epyardi Asda.

Bupati mengambil perbandingan, kawasan yang sedang dibangun investor dengan kawasan yang belum ditata. Yang belum tertata banyak sampah, yang sudah dikelola ini jauh lebih bersih.

Bupati menjelaskan bahwa investor yang mengembangkan wisata di Dermaga Singkarak sudah membut konsep wisata air yakni snorkeling. Konsep tersebut tidak merusak lingkungan danau.

Wisata snorkeling, jelas Epyardi Asda, akan membuat wisatawan dapat berenang dengan air yang jernih dan melihat langsung kehidupan bawah air seperti ikan bilih, rumput air, dan keindahan lainnya.

“Kalau dirusak mana ada wisatawan yang akan datang,” ucap Epyardi.

Terkait dengan dilaporkannya pembangunan objek wisata ke KPK oleh oknum tertentu, jelas Epyardi, diduga ada oknum yang tidak senang Kabupaten Solok maju di bidang pariwisata.

Sementara Ketua komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat Muzli M. Nur bersama anggota DPRD Sumbar dari Gerindra Desrio Putra dan anggota lainnta mendukungan pengembangan kawasan wisata Dermga Singkarak ini.

BACA JUGA  4 Siswa MAN 2 Bukittinggi Terima Beasiswa Zakat dari UPZ Kanwil Kemenag Sumbar

“Hari ini merupakan finalisasi membuat peraturan daerah tentang pembangunan infrastruktur berkelanjutan, inilah salah satu topik yang akan dibahas,” ucap Muzli.

bupatiDanau Singkarak, jelas Muzli, memiliki potensi menjadi kawasan wisata yang mendunia, tidak hanya dinikmati oleh warga lokal,  juga wisatawan mancanegara.

“Kami akan mengundang mitra kerja untuk membahas persoalan kawasan wisata Singkarak ini. Bupati Solok diharapkan bisa menjabarkan secara rinci kronologis merebaknya masalah kawasan Dermaga Singkarak ini,” tambah Muzli M. Nur.

Komisi IV DPRD Sumbar mendukung pemberian rekomendasi untuk melanjutkan pembangunan kawsan wisata ini, hingga terwujudnya bangunan fisik untuk pengembangan kawasan wisata ini. (Wewe)

Baca juga: Berenang di Singkarak, Warga Kacang Ditemukan Meninggal Dunia

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKemenag Kabupaten Solok Ikuti Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI 2021
Artikulli tjetërAfrida Terharu, Rumahnya Dibedah UPZ Kemenag Kabupaten Solok