Geopark Singkarak-Danau Kembar Terbaik di Sumatera Barat

geopark
Arosuka, SuhaNews – Geopark Singkarak-Danau Kembar terpilih menjadi juara 1 Daya Tarik Wisata Unggulan di Sumatera Barat dan berhasil mengalahkan 4 destinasi wisata unggulan lainnya di Sumatera Barat.

Daya Tarik Wisata Unggulan yang dinilai dalam kegiatan ini adalah Ngarai Sianok, Bukittinggi, Kawasan Harau, Kaupaten Limapuluh Kota, Danau Maninjau, Tarusan Kamang, Kabupaten Agam, Ngalau Pangian Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar dan Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah, Kabupaten Solok, Kawasan Silokek, Kabupaten Sijunjung,Tambang Batu Bara Sawahlunto, Goa Batu Kapa, Gunuang Talamau, Rimbo Panti dan lainnya.

Baca juga: Melarikan Diri ke Danau Kembar Kab. Solok, Pelaku Pembunuhan Ditangkap Satreskrim Polresta Padang

“Penilaian Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU), ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat,” ujar , Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Nasripul Romika, Rabu (17/11).

Menurut Nasripul, hal ini tidak terlepas dari kerja keras dari aparatur Dinas Pariwisata dan dukungan dari SKPD terkait. Yang paling utama adalah dukungan kuat dari masyarakat Kabupaten Solok.

“Semoga geopark Singkarak-Danau Kembar ini menjadi warisan budaya nasional yang terdaftar di UNESCO, ” harap Nasripul.

Penghargaan ini, jelas Nasripul yang diserahkan pada malam puncak penghargaan sektor kepariwisataan diberikan oleh Staf Ahli Gubernur.

Tim penilai dalam llmba ini terdiri atas akademisi,penggiat wisata dan Asosiasi pariwisata serta Dinas terkait.

“Geopark Singkarak-Danau Kembar  ditetapkan sebagai juara pertama pada Festival CHSE 2021 di Istana Bung Hatta Bukittinggi,” tambah Nasripul Romika.

Tahapan penilaian DTWU, jelas Nasripul, diketuai oleh Prof. Anso Fino. Dalam penilaian, tim menetapkan 3 objek DTWU sebagai nominasi   juara, yaskni Geopark Singkarak – Danau Kembar, Istana Pagaruyung dan Gunung Padang.

BACA JUGA  Satnarkoba Polresta Padang Kembali Menangkap 2 Pemilik Sabu

“Kawasan Geopark Singkarak-Danau Kembar akhirnya menduduki peringkat teratas. Hal ini semakin mengokohkan sektor pariwisata Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat, ” sebut Nasripul. (Wewe)

Baca juga: Geopark Ranah Minang Diusulkan Menuju Unesco Global Geopark

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaSertijab Camat: Ricky Eka Putra di IV Koto, Ekko Espito ke Ampek Angkek
Artikel berikutnyaSekalipun Berusia 80 Tahun, Lansia Pakan Sinayan Laksanakan khatam Al-Quran