Curah Hujan Tinggi, LaNyalla Minta Pemerintah Daerah Antisipasi Dampaknya

curah
SuhaNews – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta daerah melakukan langkah antisipasi peningkatan curah hujan di beberapa daerah agar bisa meminimalisir bencana yang berpotensi terjadi. 

“Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah menyampaikan prediksi mengenai tingginya potensi hujan,” kata Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

“Pemerintah daerah harus mengambil langah antisipasi untuk meminimalisir potensi bencana. JIka tidak, ada ancaman yang bisa mengganggu sejumlah sektor, seperti pertanian juga transportasi. Dampaknya tentu bisa mengganggu perekonomian,” katanya, Jum’at (8/1/2021).

Senator asal Jawa Timur ini mengatakan, di sejumlah daerah dampak buruk tingginya curah hujan sudah dirasakan.

“Di sejumlah daerah hujan membuat debit aor meningat dan membuat tanggul jebol. Ada juga lahan pertanian yang terendam, dan pemukiman,” jelasnya.

Dijelaskan LaNyalla, pemda bisa menyiapkan pompa untuk menyedot air jika genangan muai terjadi.

“Perhatikan juga sistem drainase dan saluran air. Sebab ini adalah langkah awal pencegahan banjir jika curah hujan tinggi,” katanya.

Sebelumnya, BMKG memprediksi beberapa wilayah di Indonesia memiliki potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.Prediksi ini didasarkan atas beberapa kondisi atmosfer seperti sirkulasi siklonik dan korvergensi. (*)

Baca juga:

Facebook Comments

BACA JUGA  Imam Katik Diserang Buaya Saat Hendak Berwuduk di Sungai
loading...