Desa Sikabu, Kota Pariaman Kembangkan Bibit Cabai Rawit

sikabu
Pariaman, SuhaNews – Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman mengembangkan bibit cabai rawit untuk mengisi lahan kosong.

“Bibit cabai rawit  ini juga akan dibagikan kepada masyarakat dan ditempatkan di area publik sebagai ciri khas dari Desa Sikabu,” ujar Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi Koto, didampingi Camat Pariaman Selatan, Suryadi di lokasi pembudidayaan Cabai Rawit,  di depan Kantor Desa Sikabu, Senin (8/2/2021) sebagaimana dirilis MC Kota Pariaman.

Ketika Desa lain baru berencana, jelas Syamsuhardi Koto, kami sudah melaksanakan. Sejak dua bulan alu, sudah dilakukan budidaya sebanyak 2.000 bibit cabai rawit atau bahasa minangnyo Lado Padi.

“Budidaya cabai rawit ini dipusatkan di tanah yang disewa,” tambah Syamsuhardi Koto.

Tanah yang disewa oleh desa ini merupakan tanah terlantar yang selama ini tidak produktif, sepanjang 1,5 Hektare. Tanah dimiliki  oleh salah seorang warga. Lahan tanah ini disewa untuk keperluan desa selama 10 tahun ke depan.

“Pembibitan ini dikelola oleh pemuda dan Bumdes. Tetapi kita kurang begitu memahami tentang tata cara mengembangkan tanaman ini,” tuturnya.

Pemerintahan Desa Sikabu, jelas Syamsuhardi Koto, mengajak Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan, untuk meninjau cara pembibitan yang kami lakukan dan apa saja yang mesti kita lakukan agar tanaman cabai rawait ini cepat tumbuh dan bisa dipanen.

Syamsuhardi Koto  berharap Desa Sikabu dapat menjadi  penghasil cabai rawit, sehingga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dan menjadi ciri khas dari salah satu desa yang berada di Kecamatan Pariaman Selatan ini.

“Kita lagi menunggu anggaran dana desa turun, untuk penambahan ribuan bibit cabai rawit untuk dibudidayakan dan sebagian kita berikan kepada masyarakat untuk dirawat. Hasilnya nanti dapat untuk membantu perekonomian mereka,” tutupnya.

BACA JUGA  Dinas PUPR Kab. Solok Perbaiki Banda Bawah Gunung di Batu Bajanjang

Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan (PPP) Kota Pariaman, Dasril mengatakan bahwa pihaknya mendukung upaya dan inovasi dari Desa Sikabu ini, untuk menjadi desa sentral tanaman cabai rawit di Kota Pariaman.

“Kami di Dinas PPP akan mensupport keinginan dari Kepala Desa Sikabu ini, dan saya sudah menginstruksikan Kepala UPT Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Mulyadi, untuk memeriksa dan melakukan upaya agar tanaman cabai rawit yang ditanam ini cepat panen dan subur,” jelasnya.

“Kita berharap dengan telah dimulainya oleh Desa Sikabu untuk menjadikan desanya menjadi desa sentral cabai rawit, ke depan kita berharap desa lainnya juga dapat membuat tanaman lainnya yang bisa dikembangkan untuk menjadi ciri khas desa mereka,” tukasnya. (*/Wewe)
Baca juga:

Facebook Comments

loading...