Diklat fotografi dan videografi, BDK Padang Hadirkan Dosen ISI

Padang, SuhaNews – Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang menggelar Diklat fotografi dan videografi yang diikuti 30 pengelola Humas Madrasah di lingkup Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat dan Jambi, 6 Februari 2023 s.d 11 Februari 2023 dengan narasumber Dosen ISI Padang Panjang.

Sebagai narasumber dihadirkan Dosen dari ISI Padang Panjang, Muhammad Syukri Erwin, S.Ds. M.Sn Dosen Desain Komunikasi Visual dan Hery Sasongko, S.Sn. M.Sn yang memberikan Materi Konsep Fotografi, Videografi dan Dokumentasi. Sedangkan Hery dengan materi Videografi yang menyangkut Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi dalam Pembuatan Video Dokumenter.

Baca juga: 30 Humas Madrasah dari Sumbar dan Jambi Ikuti Diklat di BDK Padang

Hery yang merupakan Dosen Dosen TV dan Film ISI Padang Panjang mengupas tentang menyiapkan berita baik dalam bentuk naskah yang akan terbitkan maupun skrip yang dijadikan dasar video berita, yang kedua hal ini ditunjang oleh foto dan video yang berkualitas.

Sedangkan Muhammad Syukri Erwin yang merupakan Dosen Desain Komunikasi Visual ISI Padang Panjang yang yang akrab disapa Syukri ini menyampaikan materi teknis pengambilan gambar dan setingan pada kamera.

Menariknya materi yang disampaikan kedua narasumber ini disambut antusias para peserta yang memiliki tugas sebagai pengelola humas di Madrasah.

Dalam paparannya, Syukri mengatakan fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut.

Lebih lanjut disampaikan, dalam teknik Fotografi, melakukan Sinkronisasi Pencahayaan, melakukan Prioritas Pencahayaan, membedakan Jenis dan Sifat Lensa, mempraktikan Teknik Pengambilan Photo, sekaligus nantinya mempraktikan editing foto terbaik.

Syukri menjelaskan, untuk menyuguhkan gambar yang sangat bagus humas harus memahami metode segitiga exposure. Dimana metode ini dengan menyeimbangkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera untuk merekam foto, dimana disebut juga dengan exposure.

BACA JUGA  2 dari Kab. Solok, Positif Covid-19 Sumbar Rabu Pagi Capai 118 Orang

“Istilah yang digunakan untuk tiga elemen dasar dari exposure yaitu aperture, shutter speed dan ISO. Aperture seberapa banyak cahaya yang masuk melalui lensa (sangat penting terhadap efek depth of field/Bokeh). Shutter speed (berapa lama sensor kamera akan terekspos oleh cahaya) dan ISO (tingkat sensitivitas sensor kamera),” jelasnya

Selain mengupas tentang berita dan fotografi, pelatihan dihari Kedua juga membahas tentang pembuatan infografis sebagai penyampaian informasi lembaga di media sosial.

Baca juga: Narasumber dari TVRI Sumbar, 30 Humas Kemenag Ikuti Diklat di BDK Padang

Pra peserta Diklat Videografi dan Fotografi ini adalah pengelola Humas berasal dari Kanwil Kemenag propinsi Sumbar, Kanwil Kemenag propinsi Jambi, Kantor Kemenag Kabupaten dan kota di di kedua propinsi serta Humas BDK Padang.

Usai menerima materi Selama dua hari peserta pelatihan melaksanakan praktek pengambilan gambar dan video yang dilaksankan di Masjid Raya Sumatera Barat. Kegiatan dipandu dan didampingi oleh Muhammad Syukri Erwin dan Hery Sasongko.

Peserta pelatihan sangat antusias mempraktekan pengambilan gambar dan video di Masjid Raya Sumatera Barat.

diklatHery mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk implementasi kegiatan di luar ruangan agar peserta Diklat berexplorasi mengembangkan kemampuan yang telah diperoleh selama dua hari, ujar pria kelahiran Jogjakarta ini.

“Setelah melaksanakan pengambilan gambar dan Video peserta ditugaskan membuat menghasilkan video dengan prosedur yang telah dipelajari yaitu Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi.

Setelah tiga hari mengikuti kegiatan peserta mempresentasikan hasil Foto dan Video dihadapan narasumber dan peserta Diklat.

Salah seorang peserta Diklat dari MTsN 6 Lima Puluh Kota Bayu Dewantara Putra, S.Pd menyampaikan “dengan adanya pelatihan ini dapat membantu tenaga Humas di masing-masing satker dalam mengemas informasi berita dengan teknik Fhoto dan video yang lebih menarik” ujar lajang Kelahiran Batusangkar ini. Rahmat

BACA JUGA  L300 Ditabrak Pemotor yang Diduga Main HP di Guguak Kab.Solok
Baca juga: BDK Padang Gelar PDWK Moderasi Beragama di Kemenag Kabupaten Solok

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -