Narasumber dari TVRI Sumbar, 30 Humas Kemenag Ikuti Diklat di BDK Padang

Narasumber dari TVRI Sumbar, 30 Humas Kemenag Ikuti Diklat di BDK Padang
Padang SuhaNews –  Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang menggelar pendidikan dan pelatihan fotografi dan videografi yang diikuti 30 pengelola Humas, dilingkup Kementerian Agama propinsi Sumatera Barat dan Jambi, mulai 23 Mei 2022 hingga 28 Mei 2022 nanti dengan narasumber dari TVRI Sumbar.

Sebagai narasumber dihadirkan tenaga profesional dari TVRI Sumbar, M. Zaki, S.Kom dan Ashary Jefri Ony ST yang membahas pengelolaan berita dan publikasi oleh lembaga pemerintah.

Zaki yang merupakan produser dan pengarah produksi pada TVRI Padang mengupas tentang menyiapkan berita baik dalam bentuk naskah yang akan terbitkan maupun skrip yang dijadikan dasar video berita, yang kedua hal ini ditunjang oleh foto dan video yang berkualitas.

Sedangkan Ashary yang akrab disapa Ary ini menyampaikan materi teknis pengambilan gambar dan setingan pada kamera. Hal ini sesuai dengan latar belakang tugasnya sebagai kameramen di TVRI Sumbar.

Menariknya materi yang disampaikan kedua narasumber ini disambut antusias para peserta yang memiliki tugas sebagai pengelola humas.

Dalam paparannya, Ary mengatakan fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut.

Lebih lanjut disampaikan, dalam teknik Fotografi, melakukan Sinkronisasi Pencahayaan, melakukan Prioritas Pencahayaan, membedakan Jenis dan Sifat Lensa, mempraktikan Teknik Pengambilan Gambar/Photo, sekaligus nantinya mempraktikan editing foto terbaik.

Ary menjelaskan, untuk menyuguhkankan gambar yang sangat bagus humas harus memahami metode segitiga exposure. Dimana metode ini dengan menyeimbangkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera untuk merekam foto, dimana disebut juga dengan exposure.

“Istilah yang digunakan untuk tiga elemen dasar dari exposure yaitu aperture, shutter speed dan ISO. Aperture seberapa banyak cahaya yang masuk melalui lensa (sangat penting terhadap efek depth of field/Bokeh). Shutter speed (berapa lama sensor kamera akan terekspos oleh cahaya) dan ISO (tingkat sensitivitas sensor kamera),” jelasnya.

BACA JUGA  Kakanwil Kemenag Sumbar dan Ketua DPRD Agam Dukung Berdirinya MAN Kejuruan

Narasumber dari TVRI Sumbar, 30 Humas Kemenag Ikuti Diklat di BDK Padang 1

Selain mengupas tentang berita dan fotografi, pelatihan dihari pertama juga membahas tentang membuat pembuatan infografis sebagai penyampaian informasi lembaga di media sosial.

Pra peserta Diklat Videografi dan Fotografi ini adalah pengelola Humas berasal dari Kanwil Kemenag propinsi Sumbar, Kanwil Kemenag propinsi Jambi, Kantor Kemenag Kabupaten dan kota di di kedua propinsi serta Humas BDK Padang. Fendi

Berita Terkait :

 

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakDinas Perhubungan Pessel Maksimalkan Parkir untuk Pemasukan PAD
Artikulli tjetërSMPN 1 Painan Gelar Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru