Shooting untuk TVRI, Grup Talempong Aguang Koto Kaciak akan Dibantu Bupati Agam

talempong
Tanjung Raya, SuhaNews – Grup Talempong Aguang dari Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam berharap bantuan Bupati Agam untuk melengkapi dan menukar peralatan  yang ada. Karena peralatan sekarang sudah di makan usia. 

“Grup Seni Talempong Aguang terkendala masalah peralatan untuk tampil lebih baik,” ujar salah seorang anggota grup seni Jeni Aulia, Rabu (30/6) di taman PLTA Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya.

Peralatan di grup talempong aguang Nagari Koto Kaciak ini, katanya, sudah lama. Usianya sekitar 5 atau 6 tahun, sehingga butuh alat baru untuk bisa tampil maksimal.

Baca juga: Silek Art Festival Kota Solok Tahun 2021 Kembali Digelar

Selama ini, tambah Jeni, tampil hanya pada pesta pernikahan dan festival.Regenerasi masih rendah karena anak muda lebih cenderung mengejar seni modern dibanding tradisi.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman yang menyaksikan penampilan seni tradisional talempong aguang dari Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya untuk TVRI Sumatera Barat, di taman PLTA Maninjau memberikan harapan kepada grup seni ini.

“Sepanjang tidak menyalahi aturan kalau anggarannya ada kita ajab bantu, karena ini menyangkut budaya yang merupakan aset Minangkabau, khususnya di Agam,” Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman.

Jangan lihat murah dan mahalnya peralatan, tambah AWR, tetapi bagaimana seni budaya Minangkabau ini tetap lestari dan berkembang di tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Agam. (*/We)

Baca juga: Pelaku Seni Pariaman Hibur Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pariaman

Facebook Comments

BACA JUGA  Langkitang Signal, Karya Alumni SMAN 1 Penguat Sinyal, Layaknya Punya BTS Sendiri
loading...
Artikel sebelumyaAudy Joinaldi Apresiasi Kinerja Polda Sumbar
Artikel berikutnyaDibuka Wawako, Kota Solok Gelar Bimtek Pengendalian Kontrak bagi PPK