Dihadiri Kakan Kemenag Kab.Solok, Koto Hilalang Gelar Wisuda Tahfiz

Dihadiri Kakan Kemenag Kab.Solok, Koto Hilalang Gelar Wisuda Tahfiz
Solok, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli menghadiri wisuda tahfizh di Pondok Al Qur’an Al Baroqag Koto Hilalang kecamatan Kubung, Sabtu (4/12) lalu.

Pada acara yang juga dihadiri Camat Kubung yang diwakili oleh Kasi Kesra Syafriwal, Wali Nagari Koto Hilalang Yuli Hendra, Kakan Kemenang didampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren Sesmadewita serta Kepala KUA Kubung, Almaturidi dan undangan lainnya

Dalam sambutannya, Zulkifli mengapresiasi semangat cinta Al Qur’an masyarakat Koto Hilalang khususnya generasi muda. Ia berharap ini menjadi tumbuhnya kehidupan religius di nagari ini yang dimotori oleh masyarakat yang berilmu dan mengamalkan kanfungan Al Qur’an.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kakan Kemenag pada Wali Nagari dan jajaran yang telah memberi ruang tumbuh dan berkembangnya pondok Al Qur’an untuk menciptakan generasi muda Qur’ani di Koto Hilalang.

Disebut juga, memberikan ruang bagi berkembangnya tempat pembelajaran ilmu agama seperti PondokĀ  Tahfiz, Surau merupakan sebuah upaya menumbuhkan moderasi beragama di tingkat nagari. Karena kita ketahui, salah satu bentuk kekuatan kerukunqn masyarakat di Minangkabau jni adalah belajar di Surau.

“Belajar di surau tidak sebatas mengaji saja, akan tetapi juga belajar budaya, tata krama sebagaimana garisan dari adat istiadat dan agama yang diajarkan di surau. Hal ini akan menjadi sebuah kekyatan untuk memperart kerukunan yang dimulai dri antar individu, antar keluarga, antar kaum hingga nagari,” jelas Zulkifli.

Menutup arahannya, Zulkifli berharap moderasi beragama tumbuh dari nagari Koto Hilanag dengan memberikan dukungan dan tempat kepada pondok Al Qur’an dan Surau yang menjadi kearifan lokal dalam menjaga kerukunan dan persatuan. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Menuju Malaysia, Fayrus Bawa Nama MAN 1 Bukittinggi
loading...
Artikel sebelumyaRahmah El-Yunusiyyah, Kisah Seorang Bidan
Artikel berikutnyaVaksinasi di Kota Padang Capai 70 Persen