Dinas Pangan dan Perikanan Sijunjung Gelar Pelatihan Tematik

dinas
Sijunjung, SuhaNews – Dinas Pangan dan Perikanan, Kabupaten Sijunjung memberikan pelatihan tematik kepada kelompok tani melalui program Pekarangan Pangan Lestari.

“Pelatihan inj dilaksanakan pada lokasi kelompok pelaksana program Pekarangan Pangan Lestari TA 2022,” ujar Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Ning Wisma.

Baca juga: Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dan Toko Tani Indonesia Gelar Bazar

Kemandirian kelompok dalam pengembangan usaha menjadi tuntutan penting saat ini. Kemandirian, tidak saja terbatas kepada kemandirian secara finansial, juga kemandirian dalam pengembangan usaha.

“Pelatihan ini tersebar di Kecamatan Koto VII, Sijunjung, Sumpur Kudus dan Lubuk Tarok, masing masing kelompok melaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali pertemuan dengan pendampingan dan pemateri dari penyuluh pendamping yang bertugas pada Wilayah Binaan lokasi itu,” ujar Ning Wisma.

Tema pelatihan, jelas Ning,  bagaimana cara pembuatan kompos, pembuatan pestisida nabati, budidaya sayuran gambas, cabe, sayuran hijau dan lain lain.

“Pemilihan materi terkait pembuatan pupuk dan pestisida organik adalah dengan mempertimbangkan keamanan pangan serta penurunan biaya produksi agar usaha pemanfaatan pekarangan dan tanaman sela pada lokasi demplot memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat,” terang Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan itu.

“Penghematan biaya pembelian pupuk dan obat obatan menjadi salah satu solusi menjawab akan mahalnya harga pupuk dan pestisida saat ini,” tambah Ning Wisma. 

Pengurangan pupuk dan obat obatan kimia, tambah Ning Wisma, menjadi salah satu solusi dalam menurunkan residu pestida yang terkandung dalam sayuran. Hal ini juga untuk mengurangi resiko ketidaknyananan pangan bagi masyarakat. (Dicko/Wewe)

Baca juga: Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Turunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Facebook Comments

BACA JUGA  Berikan Pendidikan Gratis hingga SLTA: Kota Solok Belajar ke Kota Pariaman
loading...
Artikulli paraprakKemenag Padang Panjang Tindaklanjuti Informasi Biro Kepegawaian Kemenag RI
Artikulli tjetërJalur Sitinjau Lauik Buka Tutup, 2 Truk Alami Kecelakaan