Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Bercerita

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Bercerita
Bupati Solok, H.Gusmal bersama peserta lomba bercerita
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok, H. Gusmal membuka lomba bercerita tingkat SD/MI tingkat Kabupaten Solok, Selasa (17/3) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok di Koto Baru.

Bupati Solok H. Gusmal didampingi oleh Kepala Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Nofiarman, Kadis Pendidikan Zulkisar, Forkopimcam Kubung, guru pembina, serta peserta lomba bercerita.

“Kegiatan Lomba Minat baca (bercerita) ini adalah agenda rutin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,”  jelas Nofiarman.

Melalui lomba ini, diharapkan tumbuh kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.Di samping itu  mengangkat dan mempopulerkan buku-buku budaya Sumatera Barat khususnya Kabupaten Solok yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter anak.

“Kita Tumbuh Kembangkan Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda Indonesia Melalui Bercerita menjadi tema tahun ini,” jelas Nofiarman.

Lomba bercerita ini, jelas Nofiarman, berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Solok, yang terdiri atas 33 peserta.

“Membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan dan mempersiapkan generasi muda,” ujar Bupati Solok, H. Gusmal.

Dengan membaca, jelas Gusmal,  banyak manfaat yang didapat, diantaranya: informasi, memperluas wawasan, dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

“Sayangnya minat membaca pelajar masa kini masih memprihatinkan,” papar Gusmal.

Salam Literasi

Guru,  jelas Gusmal, wajib memotivasi siswa untuk gemar membaca sejak dini.  Melalui lomba minat baca (bercerita) ini diharapkan anak semakin giat dan berusaha untuk selalu meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan dengan membaca buku.

“Jangan membaca di waktu luang, tetapi luangkanlah waktu untuk membaca” imbuh Bupati Gusmal.

Untuk membantu meningkatkan minat baca, jelas Gusmal,  baru-baru ini Kabupaten Solok sudah melaunching aplikasi buku digital dengan nama isolokkab.  Membaca buku dapat melalui laptop, HP, dan Desktop dan pada aplikasi ini sudah tersedia 1.500 judul buku yang bermanfaat untuk dibaca seperti buku-buku SD, SMP, SLTA dan buku-buku lainya.

BACA JUGA  Pilkada Siap Ditabuh, PPK Dilantik oleh KPU

“Guru diharapkan memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk berkreasi dan berinovasi,” tandas Gusmal. Wewe

Facebook Comments

loading...