Kemenag Kabupaten Solok Gelar Bimbingan Perkawinan di 14 Kecamatan

Kemenag Kabupaten Solok Gelar Bimbingan Perkawinan di 14 Kecamatan
Koto Baru, SuhaNews – Kantor Kemenag Kabupaten Solok menggelar bimbingan perkawinan melalui seksi Bimas Islam di 14 KUA Kecamatan Kabupaten Solok mulai Senin (21/2) lalu hingga Kamis (24/2).

Kegiatan ini dinbuka langsung secara simbolis oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli di kantor KUA kecamatan X Koto Singkarak, Senin (24/2).

Kemenag Kabupaten Solok Gelar Bimbingan Perkawinan di 14 Kecamatan 1

Dalam sambutannya, H. Zulkifli menyampaikan bahwa tujuan bimbingan perkawinan ini untuk mewujudkan keluarga sakinah yang dimulai sejak dini dalam usia pernikahan. “Kemenag bersama BP4 memberkan bekal bagi pengantin untuk melangkah dalam hidup baru dalam koridor syariat Islam,”sebut Zulkifli.

Zulkifli menyampaikan, setiap pasangan saat memutuskan berumah tangga sudah punya rencana, target dan cita-cita yang kemudian diucapkan dalam ikrar pernikahan. Semua itu dimulai dengan proses seleksi dari kedua bilah pihak hingg akhirnya mendapat sebuah keputusan dan kesepakatan.

“Ada 4 dasar dalam memilih pasangan hidup, karena rupanya, karena hartanya, karena keturunanannya dan karena ketataatannya agamanya. Bila dalam 4 hal ini tak ada yang menonjol maka pilihlah karena agamanya,” ulas Zulkifli.

Setelah rukun nikah dijalani dan dipenuhi, pengantin yang sudah sebagai keluarga baru hendaklah menyusun visi misi yang berlandaskan agama, dimulai karena Allah, dijalani dengan dan berharap ridho Allah.

“Apabila ini telah dilakukan, maka kekurangan pasangan bukan ganjalan dan kelebihan pasangan akan menjadi kecintaan. Dengan kata kunci ketulusan dan keikhlasan akan menjadi kunci kebahagiaan dalam berumah tangga,”sebutnya.

Kemenag Kabupaten Solok Gelar Bimbingan Perkawinan di 14 Kecamatan 2

Zulkifli berharap, para peserta Binwin 2021 disetiap kecamatan ini nantinya menjadi motivator tumbuhnya keluarga sakinah di Kabupaten Solok.

Sementara itu PLT Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Solok Bustami,S.Ag mengatakan kegiatan ini dilangsungkan di masing-masing Kantor KUA dengan peserta calon pengantin dari tiap-tiap kecamatan. Untuk menjangkau 14 kecamatan ini, ia membagi menjadi tiga tim dengan tiga lokasi perhari.

BACA JUGA  Persiapan Lomba Tingkat Propinsi, TP PKK Kab.Solok Lakukan Pembinaan di Nagari Cupak

“Kita juga meminta kepada kelapa KUA, agar calon pengantin yang diikut sertakan mewakili dari masing-masing nagari dalam wilayah kerja KUA setempat, agar pembinaan juga merata pada seluruh nagari,” terang Bustami.

Bustami juga menyebut, selain melakukan pembinaan di KUA bersama BP4, untuk mewujudkan keluarga sakinah juga melibatkan penyuluh agama kecamatan. Fendi

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakLiga Champions: Atletico vs MU 1-1, Elanga Selamatkan Setan Merah
Artikulli tjetërPTBA Berikan Bantuan 800 Paket Sembako untuk Masyarakat Sawahlunto