Dinas PUPR Kab. Solok Perbaiki Banda Bawah Gunung di Batu Bajanjang

Dinas PUPR Kab. Solok Perbaiki Banda Bawah Gunung di Batu Bajanjang
Arosuka, SuhaNews. Dinas PUPR Kab. Solok memperbaiki irigasi Banda Bawah Gunuang di nagari Batu Bajanjang kecamatan Lembang Jaya, yang rusak dihantam air bah pada 12 Januari 2021 yang lalu. 

dengan diperbaikinya banda ini, kini bisa bernafas lega, pasalnya saluran irigasi kini telah kembali seperti sedia kala. Hal tersebut disampaikan oleh Wali Nagari Batu Bajanjang Ulil Amri diruang kerjanya Kamis (04/03/21).

Kepada Suhanews, Ulil Amri selaku wali Nagari Batu Bajanjang mengatakan bahwa dirinya berucap syukur dan berterima kasih kepada Bupati Solok melalui Kadis PUPR Syaiful.SY,ST MT dan Kabid Sumber Daya Air Nopelius,ST, MT beserta semua pihak terkait atas kerjasamanya selama ini sehingga pada saat ini pengerjaan perbaikan irigasi itu hampir rampung, insyaallah pada waktu dekat akan kembali seperti sedia kala.

Dikatakannya lagi bahwa Bandar Bawah Gunung dengan luas 100.23 Ha tersebut merupakan Urat Nadi Masyarakat Sekitar ,Sehingga kalau tidak segera diperbaiki maka akan berdampak kepada perekonomian masyarakat setempat, apalagi Saat ini situasi amat sulit akibat pandemi covid-19 melanda dunia sampai ke negara kita”,Jelas wali Nagari.

“Mudah-mudahan ini Menjadi ladang amal bagi Bapak-bapak kita yang diatas terhadap reaksi cepat dalam menangguli bencana di daerah kita ini”,sebut Ulil Amri mengakhiri.

Kepala Dinas PUPR Syaiful.SY,ST,MT melalui Kabid Sumber Daya Air Nopelius,ST,MT mengatakan bahwa penanganan Bandar Bawah Gunung ini dilaksanakan sesegera mungkin jelasnya.

“karena nantinya akan terputus pula aliran air untuk masyarakat Jorong Gurah ,Simpang Ampek , Jorong atas Mesjid, Jorong Balai Baruh dan Limau purut karna disamping untuk persawahan juga untuk kebutuhan harian mencuci dan mandi”,ungkap Nopelius

Untuk penanganan lebih lanjut papar Nopelius, karena membutuhkan dana yang sangat besar Maka Dinas PUPR Kab. Solok mengusulkan perbaikan pasca bencana pada usulan tahun 2022 dan juga pemkab Solok telah mengajukan proposal kepada Balai wilayah sungai sumatera V (BWSS V) di padang Serta Dinas PSDA sumbar karna penanganan tersebut butuh Dana yang cukup besar”,sebutnya

BACA JUGA  Siswa Libur, MTsN 4 Solok di Tembok Kacang Kebanjiran

“Diantaranya yaitu untuk penanganan Bandar Balerong Mudik, Bandar Gurun Panjang koto Anau ,Bandar Bukik Jaliang Sungai janieh , Bandar kandang pulai cupak ,dan juga Bandar Panjang Koto hilalang , serta Bandar Lembang Koto Anau”,pungkasnya.

“Bukan itu saja kata Kabid SDA, pemkab Solok juga mengupayakan memperbaiki DAM sungai Batang Lembang yg berakibat terancamnya salah satu rumah milik Daryusra yang berada di jorong Pasar Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh yang hampir Roboh di terpa Banjir pada malam naas itu”,ucapnya

Disebelah rumah Daryusra juga ada sebuah jembatan yang hampir Roboh diseret Arus yang sekaligus menjadi akses juga buat pengguna jalan dari pasar bukit Sileh ke beberapa Nagari sekitarnya dan merupakan urat Nadi bagi perekonomian di Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh”,pungkasnya

Sementara itu dalam pekerjaan penanganan Bandar Bawah Gunung dan Batang Lembang ini juga ditinjau langsung oleh anggota DPRD Kab. Solok dari fraksi demokrat yaitu Mulyadi dan dari Fraksi PAN yaitu Faizal”,tutup Nopelius.

Daryusra sebagi pemilik rumah juga mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas perhatian dan sigapnya pemerintah kab. Solok dalam mengatasi bencana ini”,katanya.

reporter : Dedi editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...