Disparbud Solok Selatan Adakan Pelatihan Pelaku Budaya dan Sejarah

pelatihan
Solok Selatan, SuhaNews – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan menggelar pelatihan peningkatan Sumber Daya bagi para pelaku budaya dan sejarah, Jumat (10/12/2021).

Selain untuk menambah pengetahuan dan peningkatan sumber daya, kegiatan ini juga bertujuan untuk tersedianya Data Base cagar budaya yang valid yang berada di kabupaten solok selatan.

Baca juga: Dorong Perusahaan Tertib LKPM, Solsel Gelar Bintek bagi Perusahaan Penanaman Modal.

Pada pelatihan ini turut hadir dan dibuka langsung acara pelatihan bupati solok selatan yang di wakili oleh staf ahli Novrizon. Beliau menyampaikan beberapa pesan dari pidato bupati khairunas, “Apresiasi untuk Disparbud dan peserta pelatihan atas terselenggaranya acara ini dan terkait cagar budaya yang merupakan kekayaan budaya bangsa yang harus selalu dilestarikan dan juga dikembangkan”, sambut bupati.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 11 tahun 2010, ” Warisan budaya yang bersifat kebendaan, berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, dan kawasan cagar budaya baik di darat/di air yang perlu dilestarikan keberadaanya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan melalui proses penetapan”.

Untuk terlaksananya pelestarian tersebut, diperlukan peran dan partisipasi masyarakat dan itu di nilai sangat sentral dalam rangka tercapainya “Base Data” Cagar budaya yang valid.

Baca juga: Pemkab Solsel Sosialisasikan Perda Trantibum

Maka dari itu bupati khairunas berpesan “perlu pemahaman dan sistem manajerial perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik bagi pihak-pihak yang berperan langsung berkaitan dengan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya sebagai sumber daya budaya bagi Solok Selatan”, tegas bupati.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bpk Harri Trisna, sekretaris Hj Asniati Spd, Mpd, Kabid Kebudayaan Disparbud Theresa Febrysta Fuad, Ketua KAN Sungai Pagu, dan Narasumber. Rel

BACA JUGA  Sensus Online Lebihi Target, Pemkab Solok Selatan Terima Penghargaan

Baca juga:Dorong Percepatan Pembangunan, Solsel Gandeng Tim Ahli

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaGubernur Mahyeldi Serahkan Bibit Kelapa Hybrida Pandan Wangi
Artikel berikutnyaHari ini, Sawahlunto Geotrail 2021 Digelar di Kawasan Wisata Kandi