DR. Alfian Jamrah, 30 Tahun Mengabdi Dimulai dari Golongan II

DR. Alfian Jamrah, 30 Tahun Mengabdi Dimulai dari Golongan II
Batusangkar, SuhaNews. Tak banyak yang tahu jika Dr. Drs. Alfian Jamrah, M.Si yang saat ini menjabat Kepala Baperlitbang Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat. Memulai karir sebagai ASN dari golongan II.a 34 tahun yang lalu. Banyak rintangan, cobaan, caci maki bahkan pujian yang akan diterima.

Sosok rendah hati dan ramah ini mengungkapkan, pada Februari 2021 ini telah genap 30 tahun bertugas sebagai ASN atau PNS di Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Ia menjadi PNS mulai tahun 1991 yang kala itu Jufri selaku Sekretaris Daerah.

DR. Alfian Jamrah, 30 Tahun Mengabdi Dimulai dari Golongan II

“Kalau dihitung dari awal, masa kerja sebenarnya 34 tahun, karena Saya mulai bekerja pada 1 September 1986, namun kalau dikurangi 4 tahun karena tugas belajar pada APDN Bukittinggi dan Universitas Brawijaya Malang, maka genaplah 30 tahun,” ujar Alfian, pada Suhanews, Jumat (12/2/2021)

Diangkat pada Golongan II/a sebagai PNS tidak menjadi halangan baginya untuk terus berupaya berkarir dan berbuat terbaik untuk Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, hingga saat ini dipercaya sebagai Kepala Baperlitbang Tanah Datar dengan pangkat IV/c dalam masa sudah 10 tahun.

“Berbagai jabatan eselon IV, III dan II pernah diemban, awalnya menjadi Sekretaris Kecamatan Tanjung Emas eselon V.a, kemudian juga pernah jadi Kabag Humas termuda di Sumbar usia 26 tahun,” kenang Alfian.

Semangat pantang menyerah dan keinginan untuk terus maju, mengantarkan ia mampu menyelesaikan gelar Doktornya pada 25 September 2020 lalu di Universitas Negeri Padang (UNP).

“Alhamdulillah, dari berbagai cobaan dan pengalaman dalam berkarir yang pernah dialami, seperti pernah dua tahun non job tidak menjadikan Saya terpuruk. Namun masa itupun Saya diamanahkan untuk bertugas sebagai Widyaiswara Madya pada Diklatprov Sumbar. Waktu itu saya jadi PNS Provinsi Sumbar,” ungkapnya.

BACA JUGA  Ciptakan Ikon Baru, Pantai Kata Pariaman Ditanami Aneka Bunga

Ia bahkan beranggapan dirinya sebenarnya bukanlah mengabdi tapi bekerja sebagai PNS, karena ia diberi honor, gaji, tunjangan dan lainnya. “PNS adalah Abdi Negara, bertugas melayani kebutuhan masyarakat yang disesuaikan tugas pokok dan fungsinya, karenanya Saya himbau ASN yang masih baru dan muda tidak ada alasan untuk bermalas malasan. Kalau rajin, taat dan bekerja cerdas tuntas maka pasti akan cepat maju” kata Alfian.

Alfian mengungkapkan lagi selama di Tanah Datar ia telah bekerja bersama 6 orang Bupati dimasa kepemimpinan masing-masing, yaitu Brigjend. Ikasuma Hamid, Kol. Masdar Saisa, Masriadi Martunus, Shadiq Pasadigoe, Irdinansyah Tarmizi dan Bapak Zuldafri Darma.

Kemudian ia menyampaikan ada 5 orang Wakil Bupati, yaitu Masnefi, Aulizul Syuib, Hendri Arnis, Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma. “ Dari pengalaman pemimpin ini, ada keunikan tersendiri dalam masa kepemimpinan Bapak Shadiq Pasadigoe karena beliau didampingi 3 orang Wakil,” unngkapnya.

Bapak 3 orang anak ini juga mengungkapkan selama bertugas di Tanah Datar, ia telah diberi kesempatan shortcourse ke kampus beberapa negara, yaitu ke Canberra University Australia, New Horizon India, Rijkuniversiteit Belanda, Essex County Council Inggris, Civil Servan College Singapore, Malaysia dan Thailand.

DR. Alfian Jamrah, 30 Tahun Mengabdi Dimulai dari Golongan II

“Insya Allah, nanti Saya berencana juga akan menuliskan pengalaman di pemerintahan bersama para Bupati dan Wabup tersebut, sehingga setidaknya bisa menambah wawasan pembaca dan kita semua,” tutupnya.

reporter : Dajim editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...