Finalisasi Penyusunan Publikasi Tanah Datar Dalam Angka 2021 Melalui FGD

peny
Tanah Datar, SuhaNews – Pemkab Tanah Datar melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Penyusunan Publikasi Tanah Datar Dalam Angka 2021 dan Pencanangan Satu Data Tanah Datar, Rabu (24/2/2021) di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar.

“Data berkualitas sangat diperlukan untuk perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan dan memformulasikan kebijakan agar sasaran dan kegiatan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efesien,” ujar Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Nusyirwan.

Baca juga: Tanah Datar Gelar FGD Gerakan Nasional Revolusi Mental

FGD ini diikuti oleh Forkopimda Tanah Datar, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Asisten Ekobang Edi Susanto, Kepala Dinas/Kantor/Badan Tanah Datar dan undangan lainnya.

Kesalahan penyusunan data, jelas Nusyirwan, dapat menyebabkan kesalahan dalam melakukan perencanaan.  Karena itu FGD ini sangat penting untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan dapat menjawab permasalahan daerah memerlukan data akurat, lengkap, berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari setiap OPD, instansi dan lembaga lainnya yang ada di daerah,” tambah Nusyirwan.

FGD ini dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan. Dan Insya Allah penyajian publikasi Tanah Datar Dalam Angka 2021 akan dirilis 26 Februari esok, sehingga data dapat digunakan dalam berbagai kegiatan.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama OPD, instansi vertikal serta institusi lainnya yang terlibat sebagai sumber data yang diserahkan kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Datar dan Dinas Kominfo selaku Wali Data Statistik Sektoral sehingga penyelesaian Tanah Datar dalam angka dapat dilaksanakan tepat waktu,” ungkapnya.

Terkait Tata Kelola Satu Data Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019, Nusyirwan menyampaikan, Pemda Tanah Datar juga konsen untuk melaksanakan dan menyukseskannya.

BACA JUGA  Kunjungi Padang, Dubes India Bahas Kerjasama Government Employee

“Perpres Nomor 39 tahun 2019 ini bertujuan mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses sehingga bisa dibagi pakaikan antar instansi pusat dan daerah dalam mewujudkan Tanah Datar yang lebih sejahtera, terima kasih terkhusus atas kerja keras BPS Tanah Datar dan Kominfo Tanah Datar,” tukasnya.

Sebelumnya Kepala BPS Tanah Datar M. Hudaya menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama OPD dan instansi lainnya yang telah memberikan data sesuai yang dibutuhkan.

“Terima kasih atas kerjasama OPD dan instansi lainnya di Tanah Datar, terutama Dinas Kominfo selaku Wali Data sehingga penyusunan Tanah Datar dalam angka dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

M. Hidaya berharap Tanah Datar dalam angka menjadi etalase untuk program pembangunan yang dilaksanakan di OPD se Tanah Datar.

“Kegiatan Statistik memiliki arah untuk mendukung pembangunan nasional dan daerah, karena pembangunan nasional dan daerah perlu data yang cepat dan berkualitas kita terus mengembangkan SSN yang andal, efektif dan efesien,” tukasnya.

Kadis Kominfo Abrar selaku Walidata Statistik Data Sektoral menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan BPS Tanah Datar.

“Alhamdulillah Finalisasi Penyusunan Publikasi Tanah Datar dalam Angka 2021 berjalan baik, terima kasih atas kerjasama dan kerja keras semua, terutama kerjasama dan koordinasi BPS Tanah Datar,” katanya. (Dajim)

Baca juga:

 

Facebook Comments

loading...