Firdaus Oemar, Ketua Umum DPP S3 dan Tokoh Literasi Asean Meninggal Dunia

firdaus
Saat menerima Piagam sebagai Tokoh L:iterasi Asean
SuhaNews – Ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Solok Saiyo Sakato (S3), H. Firdaus Oemar Dt. Marajo meninggal dunia dalam usia 84 tahun di RPAD Gatot Subroto Jakarta Kamis,18 November 2021. 

Informasi Firdaus Oemar, tokoh perantau asal nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak ini dari ini diketahui dari WAG DPP S3.

Baca juga: 10 PAUD di Pesisir Selatan Terima Bantuan Literasi Dasar Tahun 2021

“Almarhum meninggal sekitar pukul 15.00, almarhum meninggalkan seorang Istri, 4 orang anak dan 7 cucu. ,” tulis sekjend DPP S3 Eddie Moeras,SH.MH.

Atas nama keluarga besar S3, jelas Eddie Moeras, kami menyampaikan duka mendalam. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya,

Tokoh Literasi Asean

Sebelumnya, Almarhum Firdaus Oemar juga dikenal sebagai tokoh yang aktif menggerakkan literasi di negeri ini. ia merupakan ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia (Yagemi). Pengusaha penerbitan buku ini bergerak aktif membagikan buku untuk membangun pustaka di desa-desa dan nagari.

“Yagemi aktif mendorong literasi melalui program buku masuk rumah  secara bergiliran yang dinamakan Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah (PB-BMR),” jelas Eddie Moeras.

Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah (PB-BMR) adalah sistem penyediaan dan pengantaran buku bacaan ke rumah-rumah yang sesuai untuk keluarga Indonesia. Buku diantarkan secara bergilir ke rumah-rumah setiap 15 hari oleh petugas.

Firdaus Oemar juga pernah menjadi ketua umum Ikatan penerbit Indonesia (Ikapi), Ketua Umum Gabungan Toko Buku Indonesia Pusat (Gatbi) dan penasehat Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI).

Dikutip dari republika.co.id,  Praktisi perbukuan Indonesia Firdaus Umar  pernah dinobatkan sebagai Tokoh Perbukuan ASEAN 2015. Ia menerima anugerah tersebut dari Pemerintah Malaysia.

firdausApresiasi diberikan dalam bentuk piagam, tropi dan hadiah uang sebesar 5.000 ringgit Malaysia.

BACA JUGA  Terkonfirmasi Covid-19, Warga Danau Kembar Meninggal Dunia

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Dalam Negeri Malaysia YAB Dato’ Seri Dr Ahmad Zahid bin Hamidi dalam acara bertajuk “Anugerah Buku Negara” di Pusat Dagangan Dunia Putra (PWTC) Kuala Lumpur.

“Penghargaan ini diberikan melihat kiprah dan kepedulian Firdaus Umar dalam menjalin hubungan/silaturahim dalam dunia perbukuan antara Indonesia dan Malaysia khususnya sudah terbina sejak 50 tahun yang lalu,” ujar Ahmad Zahid.  (*)

Baca juga: Kampung Literasi Air Terbit Panti Pasaman Dapat Dukungan Kemdikbud

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaUndang Awak Media, BNN Kabupaten Solok Sosialisasikan Bahaya Narkoba
Artikel berikutnyaKafilah Sumbar Duduki Peringkat 4 MTQ Korpri di Kendari