FKUB 50 Kota Gelar Pembinaan Sadar Kerukunan di Muaro Paiti

FKUB 50 Kota Gelar Pembinaan Sadar Kerukunan di Muaro Paiti
Sarilamak, SuhaNews. FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan Kantor Kemenag 50 Kota menggelar Pembinan Nagari Sadar Kerukunan dengan tema Rukun Untuk Kesejahteraan, di nagarui Muaro Paiti kec. Kapur IX, Selasa (1/6).

Kepala Kantor Kemenag 50 Kota Kota, H. Naharudin menyebut, merawat kerukunan merupakan satu keniscayaan yang harus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat, karena upaya percepatan pembangunan membutuhkan tatanan sosial masyarakat yang hidup dalam suasana rukun, damai serta jauh dari konflik.

BACA JUGA  Gerak Cepat, Pokjaluh Kota Bukittinggi Mulai Program Kerja

Acara pembinaan Nagari Sadar Kerukunan yang diprakasai oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lima Puluh Kota diikuti oleh 20 Orang peserta, pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Kecamatan Kapur IX, Kepala KUA Kapur IX, Wali Nagari Muaro Paiti serta tamu undangan lainya.

Lebih lanjut H.Naharudin menjelaskan, ”Salah satu misi etis Kementerian Agama ialah memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama, misi tersebut merupakan bagaian integral dari sebuah visi besar Kementerian Agama dalam memastikan terwujudnya masyarakat Indonesia yang, Saleh, Moderat, Cerdas dan Unggul”.

Oleh sebab itu kegiatan pembinaan Nagari Sadar Kerukunan merupakan bagian dari ikhtiar mewujudkan visi dan misi Kementerian Agama, tegas alumni IAIN Bukittinggi ini.

Dijelaskan pula bahwa toleransi merupakan pondasi terpenting dari kerukunan umat beragama, “Sebab toleransi merupakan salah satu sikap saling pengertian dan menghargai, tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun, khususnya dalam masalah agama. Untuk itu, kerukunan umat beragama merupakan modal sosial terpenting dalam mewujudkan kesejahteran masyarakat”.

BACA JUGA  Polres Solok Salurkan Zakat Profesi di Koto Baru dan Talang

Saya berharap suasana rukun yang sudah wujud ditengah masyarakat Kapur IX jangan sampai dirusak oleh sentimen apapun, mari terus kita rawat suasana rukun ini demi percepatan pembangunan daerah”, harap Naharudin.

Terkait dengan kegiatan pembinan Nagari Sadar Kerukunan, Kakan Kemenag menitipkan harapan, kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan ormas, bundo kandung dan pemuda yang menjadi peserta kegiatan tersebut, ”Saya mengajak seluruh komponen Nagari untuk terus bersatu padu dalam mewujudkan Nagari Muaro Paiti sebagai Nagari percontohan Sadar Kerukunan, menurut hemat saya Nagari Muaro Paiti memiliki modal sosial dan infrastruktur pendukung terwujudnya Nagari Sadar Kerukunan tersebut”, pungkas Bapak mudah senyum ini.

Sebelumnya H.Safrijon Sekretaris FKUB Lima Puluh Kota dihadapan awak media menjelaskan,”Kegiatan pembinan Nagari Sadar Kerukunan merupakan program tahun yang telah digagas oleh FKUB Lima Puluh Kota dalam dua tahun terakhir, secara umum kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahunan peserta yang merupakan duta kerukunan ditengah-tengah masyarakat”.

Disamping itu kegiatan ini tentu juga menjadi ajang komunikasi, berbagi informasi terkait persoalan kerukunan umat bergama yang mungkin ada ditengah masyarakat kita”, terang putra Blok M ini.

BACA JUGA  Touring Motor Kemenag Kab. Solok, Kunjungi Pesantren dan Madrasah di Solok Utara

Disisi lain H.Safrijon mengingatkan seluruh peserta bahwa “Upaya merawat kerukunan ditengah masyarakat harus dilakukan dengan satu pola terstruktur, terarah serta dapat dievaluasi secara baik, mulai dari unit keluarga, kaum/suku sampai Nagari harus memikirkan pola kaderisasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk masa yang akan datang, sebab SDM yang berkualitas akan cendrung hidup dalam suasana rukun dengan semangat toleransi”, terang Buya Safrijon

Terakhir atas nama pribadi serta pengurus FKUB Lima Puluh Kota “Menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada Nagari Muaro Paiti melalui Wali Nagari dan perangkat Nagari yang ada, sehingga kegiatan pembinaan Nagari Sadar Kerukunan ini dapat berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti”, simpul Buya Safrijon.

Kegiatan pembinaan dipusatkan di ruangan pertemuan Nagari Muaro Paiti, kegiatan dilaksanakan dengan penerpan protokol kesehatan yang aman dari penyebaran Covid-19.

reporter : Alfia editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...