Food Bus ACT Berikan Makanan Bergizi Pada Pelajar SD dan Panti Asuhan di Sawahlunto

act
SuhaNews –  Hampir 300 porsi makanan siap saji  diberikan oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kepada pelajar SD dan Panti Asuhan di Sawahlunto, Sabtu 16 Oktober 2021, di Lapangan Parkir Balaikota.

Makanan siap saji bergizi ini dibuat di ‘food bus’ atau ‘dapur berjalan’, sebuah bus besar yang di dalamnya berisi dapur dengan perlengkapan memasak yang berlevel hotel bintang lima.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto, Irwan, melaporkan makanan siap saji bergizi dari ACT dibagikan kepada 5 SD dan 1 panti asuhan.

“Setiap SD itu memperoleh 50 porsi. Ada 5 SD yang menerima, yaitu SD 03 Aur Tajungkang, SD 13 Pasar Remaja, SD 10 Tanah Lapang, SD 05 Kubang Sirakuk, dan SD 03 Lubang Panjang. Kemudian untuk Panti Asuhan yakni Panti Asuhan di Mudik Air. Kalau untuk Panti Asuhan ini mendapatkan 20 porsi,” kata Irwan.

Sementara untuk menu makanan yang disajikan, dijelaskan oleh Manager ACT Solok, Marliandri, semua menu adalah makanan bergizi, jadi wajib mengandung karbohidrat, protein dan vitamin. Karena tujuan dari pembagian makanan ini adalah untuk perbaikan gizi pada keluarga pra – sejahtera dan anak – anak sekolah.

“ACT dengan Food Bus ini memberikan makanan bergizi yang diolah oleh chef/koki berpengalaman sehingga tidak hanya bergizi namun makanannya juga enak. Kalau untuk dapur yang memasak makanan ini, bisa dijamin karena peralatan masak di food bus ini merupakan peralatan memasak dari hotel bintang lima yang dipindahkan ke dalam bus,” ungkap Marliandri.

Ditambahkan Marliandri, food bus ini adalah mobile kitchen (dapur berjalan) pertama dan masih satu – satunya di Indonesia. Kota Sawahlunto termasuk beruntung karena disinggahi pada gelombang awal penggunaan bus ini oleh ACT.

BACA JUGA  8 Penambang Ilegal Diringkus Polres Sawahlunto

Pembagian paket makanan bergizi dari ACT kepada pelajar SD dan Panti Asuhan ini pelaksanaannya turut dibantu oleh Pramuka Kwarcab Sawahlunto. Dengan Saka yang terlibat yakni Saka Bhayangkara dan Satgas Pramuka Peduli.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, yang membuka kegiatan pembagian paket makanan bergizi dari ACT tersebut, menyampaikan terimakasih pada ACT atas perhatian dan bantuan makanan bergizi yang diserahkan pada anak – anak SD dan Panti Asuhan di Sawahlunto.

“Makanan yang bergizi dan diolah oleh chef berpengalaman dengan perlengkapan memasak dari hotel bintang lima, kami yakin ini akan memberikan makanan yang sehat dan enak pada anak – anak kita,” kata Wawako Zohirin Sayuti.

Melihat kemampuan ACT dalam mengelola dana yang bersumber dari donasi umat untuk dibagikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, Wakil Walikota Zohirin Sayuti mengajak masyarakat Sawahlunto yang bisa untuk berdonasi agar ikut berdonasi pada ACT.

“Tidak perlu menunggu kaya untuk berbagi, sedikit tapi ikhlas akan sangat berharga artinya. Sekarang kalau kita ingin berbagi dengan berdonasi tentu melalui lembaga yang bisa menjaga amanah, nah inilah yang telah kita lihat ada pada ACT sekarang. Jadi saya mengajak masyarakat Sawahlunto jika ingin berdonasi, ACT bisa kita rekomendasikan,” ujar Wakil Walikota Zohirin Sayuti.

Mendampingi Wakil Walikota Zohirin Sayuti dalam kegiatan tadi itu yakni Sekretaris Daerah, Dr.dr. Ambun Kadri, MKM dan Kepala Dinas Pendidikan, Asril. Rel

Berita terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaSeragam Sekolah Gratis, Pemkab Solok Selatan Alokasikan Dana Rp2.5 Miliar
Artikel berikutnyaMenteri Agama Buka STQH XXVI di Sofifi Maluku Utara