Gandeng IAIN Batusangkar, Balai Bahasa Sumbar Awasi Penggunaan Bahasa

gan
Batusangkar, SuhaNews – Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat bekerja sama dengan IAIN Batusangkar,melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa Indonesia pada media massa di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (19/11/2020), di auditorium kampus I IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora membuka kegiatan pelatihan yang diikuti Humas Instansi, Mahasiswa IAIN Batusangkar dan Wartawan ini.

“Kita mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Balai Bahasa Sumatera Barat dan diharapkan berlangsung maksimal, sesuai target yang diinginkan,” ujar Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora.

Pada kegiatan sehari-hari, jelas Marjoni, kita sering berinteraksi dalam bahasa Indonesia. Jadi sudah sepatutnya berbahasa dan menulis dengan kaedah yang benar.

“Bila kita melakukan kesalahan dalam menuliskan atau mengucapkan bahasa, bisa berdampak pada hal lain atau orang akan salah memahaminya,” kata Rektor.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya yang bertugas di bidang kehumasan. Banyak informasi dan pengetahuan baru untuk diaplikasikan dalam menjalankan tugas sehari-hari agar semakin baik dan berkualitas,“ sebut salah seorang peserta dari humas instaansi.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat Abdul Latif mengatakan berharap  peserta mendapatkan informasi dan kiat-kiat dalam menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam merilis berita pada instansi masing-masing.

“Pada umumnya instansi dan beberapa media massa telah menggunakan bahasa Indonesia, namun belum menurut kaidah-kaidah dan ejaan bahasa Indonesia yang benar,” ujar Abdul Latif.

Balai Bahasa bekerjasama dengan IAIN Batusangkar memberikan pencerahan kepada Humas Instansi, Mahasiswa IAIN Batusangkar dan Wartawan media massa. Sementara narasumber yang dihadirkan yakni jurnalis profesional, Wartawan Utama Yurnaldi, mantan wartawan Kompas.

Pada kesempatan tersebut, IAIN Batusangkar juga melaksanakan Penandatanganan kerjasama dengan Balai Bahasa Sumatera Barat. (Dajim)

Baca juga:

 

Facebook Comments

loading...