Garap Pertanian: Bupati Solok Tandatangani MoU dengan Balitbu Tropika dan BPTP

bupati
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok, Epyardi Asda menandatangani nota kesepakatan antara pemkab Solok dengan Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sukarami, Sumbar, Senin (17/5/2021) di Ruang Solok Nan Indah, Arosuka.

Penandatanganan Nota Kesepakatan ini dihadiri oleh Bupati Solok H. Epyardi Asda, Sekda  H. Aswiman, Plt Asisten Koor Pemerintahan Drs. Syahrial, MM., Asisten Koor Ekbangkesra Medison, S. Sos, M. Si., Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, SE, M. Si., Kepala Balitbu Tropika : Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP., Kepala BPTP : Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP., Kepala Dinas Pertanian : Si is, S. P.,Kepala SKPD lainnya.

Kepala BPTP Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah mengadakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah  BPTP dan Balitbu Tropika.

Baca juga: Kembangkan Pertanian, Bupati Solok akan Buat MoU dengan Balitbu Tropika

“Kita berharap BPTP dan Balitbu ini dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat  Kabupaten Solok, terutama di sektor pertanian,” jelas Wahyu Wibawa.

Dengan majunya sektor pertanian, jelasnya, akan membuat para petani menjadi sejahtera dan sektor pertanian akan menjadi lebih maju.

Kepala Balitbu Tropka : Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP mengatakan bahwa masa produksi yang lama membuat banyak masyarakat enggan untuk menanam tanamam buah.

“Sektor pertanian merupakan sektor yang perlu kita kembangkan di Kabupaten Solok,” jelas Ellina Mansyah.

Kegiatan ini, jelasnya,  merupakan tindak lanjut dalam angka pengembangan sektor pertanian. Komitmen dari pemerintah merupakan faktor pendukung dalam suksesnya pengembangan pertanian khususnya buah-buahan.

“Kita sangat mengapresiasi komitmen dari pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka pengembangan sektor pertanian,” tambah Ellina Mansyah.

Ketersedian benih merupakan kunci awal dari pengembangan program tersebut. Program pengembangam tanamam buah ini harus dilakukan dengan serius dan terencana dengan baik.

“Kabupaten Solok merupakan penghasil buah yang potensial, dengan geofrafis yang mendukung,” jelas Ellina Mansyah.

BACA JUGA  Bupati Solok Epyardi Asda: Kami Akan Evaluasi Semua ASN dan THL

Sementara Bupati Solok H. Epyardi Asda berharap kegiatan ini diberkati oleh Allah dan awal kebangkitan Solok menjadi daerah yang terbaik di Sumatera Barat.

“ Alhamdulillah  BPTP dam Balitbu Tropika mendukung sepenuhnya program Pemkab Solok dalam mengembangkan sektor pertanian,” jelas Epyardi Asda.

Bupati Solok berharap bisa menggali potensi yang ada di daerah. Karena bupati mengajak seluruh SKPD untuk dapat bekerja sama.

“Saya sudah instruksikan Dinas Pertanian untuk bekerja sama dengan Balitbu dalam penyediaan bibit unggul dari beberapa komoditas dan alhamdulillah itu sudah terlaksana,” jelas Epyardi Asda.

Pemberian bibit unggul kepada masyarakat, tambah Epyardi Asda, tetap di bawah pengawasan Dinas Pertanian dan Balitbu serta para penyuluh pertanian.

“Banyak tanaman buah, setelah ditanam lalu dibiarkan begitu saja tanpa perawatan. Hal ini membuat hasilnya menjadi tidak maksimal,” jelas Epyardi Asda.

bupatiBupati juga ingin mengundang investor yang berminat untuk berinvestasi, baik dalam penanaman maupun dalam pendistribusian pertanian seperti beras, durian maupun buah buahan, serta investasi di bidang lainnya.

Penandatanganan nota kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Solok dengan Balai Penelitian Tanaman Buah (BALITBU) Tropika adalah tentang sinergitas pengembangan perbenihan tanaman buah tropika.

Sementara dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat tentang sinergitas pengembangan dan peningkatan mutu benih padi sawah bersertifikat indikasi geografis (IG) di Kabupaten Solok. (Wewe)

Baca juga: Menteri Pertanian dan Wagub Audy Kunjungi Balitbu,: Pertanian Tulang Punggung Sumbar

Facebook Comments

loading...