Gelar Seminar Parenting, Pimpinan Ponpes Al Kautsar Apresiasi IQ Santri

seminar
Limapuluh Kota, SuhaNews – Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota gandeng Rumah Konseling Minang Darusssalam, Batusangkar dalam seminar Parenting Minggu (21/8) di aula pondok pesantren tersebut.

Seminar Parenting yang digelar dalam rangka pemaparan program dan peraturan akademik Tahun Pelajaran 2022/2023 ini sekaligus juga sebagai momen penyerahan hasil tes IQ santri yang dilaksanakan beberapa hari sebalumnya. Seminar Parenting ini dihadiri oleh seluruh orang tua santri kelas VII dan X.

Baca juga: Dinas Sosial Agam Seminarkan Sejarah Perang Kamang

Pimpinan Pondok Pesantren, Dafri Harweli menyebutkan akan menjalin kerjasama dengan berbagai lini untuk kemajuan pondok pesantren. Kerjasama yang dijalin dengan Yayasan Minang Darussalam ini merupakan salah satu ikhtiar untuk pembangun warga pondok pesantren yang berkualitas. Dafri juga menyatakan support dan mendukungan tehadap program Seminar Parenting ini.

Dalam sambutan tersebut, Dafri juga mengatakan bahwa tes IQ yang dilaksanakan beberapa watu lalu itu, merupakan tes yang dilakukan guna mengetahui potensi santri. Hal ini berguna agar orang tua dan pihak pondok pesantren bisa mengenal potensi santri, sehingga bisa diarahkan pengembangan potensi tersebut kearah yang lebih baik sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh santri.

“Dari Tes IQ yang dilaksanakan, santri memiliki kompetensi yang sangat bagus. Untuk itu, melalui seminar parenting ini kita memberikan penekanan kepada orang tua dengan membangun dua kekuatan, yaitu pertama membangun daya tahan anak, sehingga ketika ada tantangan dia bisa melihat peluang, bukan fokus kepada masalah.

Pihak pondok pesantren tentu akan menumbuhkembangkan kekuatan ini, sehingga santri tidak cengeng. Yang kedua  membangun kekuatan spiritual santri, yaitu dengan cara penyerahan diri secara total (beriman), terkait dengan bagaimana santri beramal, dan berbuat dengan ikhlas,” papar Dafri.

BACA JUGA  60 Stand Ikuti Bazar UMKM di Pelatan Jam Gadang

Dr. Irman, perwakilan dari Yayasan Minang Darussalam, dalam penyampaiannya mengatakan, apa yang disampaikan oleh pimpinan pondok pesantren, yaitu membangun daya tahan dan spiritual santri ini cocok sekali dengan jargon pondok pesantren, yaitu “Bersama Al Kautsar Menguasai Dunia Meraih Surga”.

“Dengan menjaga kondisi seperti ini, orang tua akan percaya dan betah menitipkan anak-anaknya di pondok pesantren,” ujar Dr. Irman.

Selain itu, pondok pesantren harus terus berinovasi sesuai dengan perkembangan tekhnologi. Saya yakin, Pondok Pesantren Modern Al Kautsar bisa lebih maju lagi dari pada sekarang.

“Suguhan spesifikasi yang dimiliki pondok pesantren akan menjadi daya tarik orang tua untuk memasukan anak mereka ke lembaga pendidikan ini. Semoga Al Kautsar tetap menjadi pilihan orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak mereka”, pungkas Irman. (Nauri/Nina)

Baca juga: Hadirkan Penyuluh Agama, DWP Kemenag 50 Kota Bahas Parenting

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWako Hendri Septa Lepas 29 Atlet Panahan Ikuti Riau Championship 2022
Artikulli tjetërPolsek Kubung Tangkap Pelaku Judi di Gantung Ciri