Gempa Guncang Sumbar, Warga Berhamburan Keluar Rumah

sum
Gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang wilayah Sumatera Barat, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 14.36 WIB. Gempa terasa begitu kuat di Kota Padang, warga berhamburan keluar rumah.

Gempa yang berpusat di 54 km Barat Laut Kepulauan Mentawai Sumatera Barat ini berdasarkan Info Gempa Lok:1.76 LS, 99.14 BT dengan kedalaman 24 kilo meter.

BMKG mengingatkan, hati-hati terjadinya gempa susulan. Gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawai ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Solok Digoyang Gempa 5,8 SR Pusatnya di Mentawai

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Kepulauan Mentawai Akmal menyebutkan, sebagian warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat sempat berhamburan keluar ruangan saat gempa bumi berkekuatan 5,8 SR mengguncang Ranah Sikerei tersebut.

“Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa sebagai dampak dari gempa ini,” ujar Akmal sebagaimana dilansir Indeksnews.com

“Getaran gempa ini terasa cukup kuat, kita di kantor dan sebagian warga sempat keluar dari bangunan. Namun, sampai saat ini kondisi di Mentawai masih aman-aman saja,” ujarnya.

Meski getaran gempa terasa cukup kuat, kata Akmal, namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan. Meski warga sempat berhamburan keluar ruangan namun tidak ada tindakan evakuasi mandiri.

Pihaknya dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sampai kini masih memonitoring situasi di lapangan dan mencari tahu apakah ada kerusakan yang timbul akibat gempa bumi kali ini.

Selain Mentawai, getaran lindu ini juga dirasa di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kota Bukittinggi, Padang, Padang Panjang dan Solok Selatan. (*)

Baca juga: Pastikan Bantuan Gempa, Presiden Jokowi Kunjungi Posko Pengungsian Mamuju

Facebook Comments

BACA JUGA  Solok Diguncang Gempa, Pusatnya Dikedalaman 10 km
loading...