Genius Umar Menjadi Pembicara Pada Raker Kemenag Kota Pariaman

genius
Pariaman, SuhaNews – Genius Umar, Walikota Pariaman menjadi pembicara pada rapat kerja (raker) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman Tahun 2022, Sabtu (14/5) di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Kota Pariaman.

“Budaya kerja kita dituntut untuk menjadi budaya birokrasi yang melayani dan ini hendaknya sudah kita terapkan. Dari yang biasa dilayani berganti menjadi pribadi yang melayani bagi masyarakat,” ujar Genius Umar.

Baca juga: Dibuka Kakanwil, Raker Kemenag Kab. Solok Dihadiri Bupati

Pemko Pariaman, jelas Genius Umar, mempunyai program unggulan yang dimasukkan pada 19 program unggulan RPJMD Kota Pariaman 2018-2023 di bidang keagamaan, seperti adanya penyuluh agama dan pembinaan terhadap remaja mesjid.

“Ada program Pengembangan Pendidikan Agama non formal, MDA, MDW dan MDU serta Pembangunan pusat pendidikan Al Qur’an (Read Al Qur’an Center),“ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Pemerintah Kota Pariaman terus mengupayakan meningkatkan keagamaan di Kota Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan Kegiatan Pembangunan keagamaan yang telah dilakukan.

Baca juga: Dirjen Linjamsos Kemensos Buka Rakerda IKA STKS-Poltekesos Sumbar

Ada Pembinaan Pondok Al-quran yang dikelola Pemerintah Kota Pariaman melalui Read Al-Quran Centre tahun 2021 dan 2022 yang ditempatkan pada Mushala Balai kota Pariaman. Tenaga pembina yaitu pelatih MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat dan pembinaan Read Al-Quran mewisuda 1000 Hafidz Alquran Kota Pariaman terus berkembang sampai sekarang.

“Kita juga telah memfasilitasi pembinaan Guru MDTA/MDTW/MDTU melalui penyuluh agama Desa dan Kelurahan,”  tambah Genius Umar.

Beberapa kegiatan yang sudah ditunjuk pembinananya antara lain, MDTA dibina Camat melalui dana Desa dan MDTW/MDTU dibina Kesra melalui APBD.

“Untuk memperkuat itu semua, sudah ada Perwako nomor 12 tanggal 30 Maret Tahun 2022 tentang MDTA/ MDTW/ MTDU satu atap, dibina melalui Camat dan dievaluasi oleh Pemko melalui Bagian Perekonomian dan Kesra,“ tambahnya.

BACA JUGA  Pagar KUA Lembah Gumanti Runtuh

Di samping itu, juga ada ada kegiatan magrib mengaji dan subuh mubarakah yang sudah berjalan dan terus diupayakan peningkatan dengan Penyuluh Agama Desa/Kelurahan sebagai motivator Penyuluh Agama.

geniusMereka dipilih dan diseleksi oleh Kementrian agama berdasarkan kebijakan Walikota terpilih periode 2018-2023, dan pembayaran gajinya melalui dana desa dan sudah mulai bertugas sejak tahun 2019 s/d sekarang.

“Diharapkan melalui raker Kantor Kemenag Kota Pariaman ini, dapat menghasilkan perencanaan yang baik, dan muncul gagasan inovasi, rekomendasi dan rencana aksi yang akan mengantarkan Kementerian Agama dan Pemerintah Kota Pariaman, menjadi lebih baik lagi,” harap Genius Umar.

Rker Kantor Kemenag ini dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Helmi, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, Ranalfi, Kepala KUA se-Kota Pariaman, jajaran di KanKemenag Kota Pariaman dan Kepala madrasah. (Dewi)

Baca juga: Tuan Rumah Rakernas APEKSI XV Kota Padang Terus Matangkan Persiapan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBPBD Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Perdana Si Sigab
Artikulli tjetër33 Siswa MTsM Sumani Ikut Camp Tahfizh di Laing Park