Jasman Rizal jadi Pjs Bupati Solok Selatan, Gubernur Lantik 8 Pjs Kepala Daerah,

gubernur
Padang, SuhaNews – Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melantik 8 pjs (pejabat sementara) Bupati/Walikota se-Sumatera Barat. di Auditorium Gubernuran, Jumat (25/09/20).
Pelantikan ini dilaksanakan setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjuk 8 penjabat sementara (Pjs) untuk mengisi jabatan bupati dan wali kota selama berlangsungnya masa kampanye pilkada 2020.

Kedelapan Pjs kepala daerah di Sumbar yang dilantik Gubernur Sumbar, yakni:

1. Adib Alfikri, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar  menjadi Pjs Bupati Padang Pariaman.

2. Mardi, Kepala Inspektorat Sumbar  menjadi Pjs Bupati Pesisir Selatan,

3. Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Sumbar  menjadi Pjs Solok Selatan.

4. Asben Hendri, Kepala Dinas Perdagangan Sumbar sebagai Pjs Walikota Solok.

5. Hansastri, Kepala Bappeda Sumbar  jadi Pjs Bupati Pasaman Barat.

6. Benny Warlis Asisten II Pemprov Sumbar jadi Pjs Bupati Agam

7. Zaenuddin, Kepala Bakeuda Sumbar jadi Pjs Walikota Bukittingi

8. Erman Rahman, Kalaksa BPBD Sumbar menjadi Pjs Bupati Tanah Datar.

“Kedelapan pejabat tersebut menggantikan kepala derah yang cuti karena ikut dalam pilkada 2020,” ujar Gubernur Irwan Prayitno.

gubernurDari delapan Pjs yang dilantik, ada dua nama yang mendapat perhatian publik karena memiliki hubungan kekerabatan dengan Gubernur Irwan Prayitno. Keduanya yaitu Adib Alfikri, Kepala Dinas Pendidikan, merupakan adik Irwan Prayitno. Kemudian, Zaenuddin, Kepala Bakeuda Sumbar merupakan besan Gubernur Irwan Prayitno.

“Penujukan 8 orang Pjs untuk memberikan pengalaman secara merata kepada pejabat senior dan yunior sebagai kepala daerah,” ujar Irwan Prayitno.

Pejabat eselon II, papar Irwan Prayitno, yang belum pernah jadi Pjs diberi kesempatan biar mendapatkan pengalaman menjadi kepala daerah,” kata Irwan.

Irwan mengatakan, para PJs dituntut menyukseskan pilkada di daerah yang mereka pimpin. Selain itu, para Pjs juga juga ditekankan menjaga netralitas para aparatur sipil negara (ASN) saat pilkada.

“Semua Pjs diharapkan menyukseskan pilkada yang berlangsung di daerahnya dan menjaga netralitas ASN,” kata Irwan Prayitno. (*/Wewe)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...