Hadiri Musrenbang, Wabup Tanah Datar Harapkan Perhatikan Visi Misi Yang Baru

musr
Wabup Tanah Datar, Richi Aprian
Tanah Datar, SuhaNews – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian hadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2022 tingkat Kecamatan Lima Kaum, Senin (8/3/2021) di gedung serba guna Kantor Camat Lima Kaum.

“Pandemi Covid-19 menjadi tantangan untuk menciptakan masyarakat Tanah Datar Madani berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah semakin berat, dan membutuhkan sinergisitas, dukungan dan kerja keras semua pihak,” ujar Richi Aprian.

Baca juga: Fokus Peningkatan Ekonomi, Musrenbang Tingkat Kecamatan di Sawahlunto Dimulai

Untuk mencapai visi itu, jelas Richi Aprian, telah disusun enam poin penting misi yang hendak dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya bersama Bupati Eka Putra yang kemudian juga akan didukung dengan pelaksanaan 10 program unggulan.

Adapun misi, yang dalam masa pembahasan yakni:

  1. Meningkatkan Kehidupan Beragama, Beradat dan Berbudaya
  2. Meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM
  3. Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing
  4. Pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya dan sumber daya alam
  5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien, dan
  6. Meningkatkan pembangunan inftrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

 

Sekaitan dengan pelaksanaan Musrenbang, papar Wabup Richi, seluruh pemangku kepentingan yang ada di tingkat Kabupaten, Kecamatan ataupun nagari untuk memberikan saran dan masukan untuk menyusun serta menentukan skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan.

“Pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana Musrenbang Nagari tidak dilaksanakan lagi namun tentunya dalam menentukan program yang menjadi skala prioritas hendaknya selalu mengedepankan prinsip efesien, efektif dan akuntabel,” harap Richi Aprian.

Di tengah laju pertumbuhan ekonomi 2020 yang anjlok hingga minus 1,13%, jelas Richi Aprian, defisit APBD yang besar, Dana Alokasi Umum dipotong sampai refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, kita harus tetap semangat dan fokus mencapai visi dan misi pembangunan.

BACA JUGA  Bimtek Renstra Kota Solok 2021, Zul Elfian; Perencanaan Yang Menjawab Permasalahan Publik

“Insya Allah, bersama masyarakat dan dukungan instansi terkait dalam era kepimpinan baru kita capai Tanah Datar lebih baik, kita lakukan secara bertahap,” tukas Richi Aprian.

Sementara Camat Lima Kaum, Hendra Setiawan menyampaikan, sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan telah dilaksanakan pra Musrenbang beberapa hari sebelumnya,  yang dihadiri utusan masing-masing nagari di Kecamatan Lima Kaum.

“T erima kasih dan apresiasi kepada wali nagari bersama tim 7-nya yang telah bekerjasama dan saling mendukung, sehingga program yang menjadi skala prioritas masing-masing nagari bisa tertampung dan Pemerintahan Kecamatan yang akan membawa dan memperjuangkan di Musrenbang Kabupaten,” ujar Hendra Setiawan.

Ketua Tim Pembina Musrebang Kabupaten Nuryedisman, juga Staf Ahli Bupati Tanah Datar, menyampaikan bahwa Musrenbang menjadi agenda rutin tahunan dan harus dilaksanakan.

“Musrenbang  merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan, mulai dari Pemerintahan Nagari sampai ke Pemerintahan kabupaten,” tambah Hendra Setiawan.

Pemerintahan Nagari, jelas Nuryedisman,, jangan sampai bosan untuk  berusaha menyampaikan program yang dibutuhkan walau tahun sebelumnya belum bisa direalisasikan.

“Pemerintah nagari dan kecamatan untuk menyusun program pembangunannya disesuaikan dengan visi dan misi yang baru,” jelas Nuryedisman.

musrAdapun Tema Musrenbang kali ini adalah Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan Infrastruktur dan Daya Saing Produk Unggulan Daerah.

Anggota DPRD Tanah Datar Abu Bakar, Lc yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan harapannya agar seluruh elemen terkait dalam pemerintahan dalam menentukan arah program dan pembangunannya memang untuk kesejahteraan masyarakat.

“Semoga instansi terkait baik di tingkat nagari, kecamatan dan Kabupaten dapat membuat program kegiatan yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga keberadaan lembaga pemerintah itu memang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Abu Bakar. (Dajim)

BACA JUGA  Dilontarkan Bupati Agam, Disdikbud Dukung Pengembangan Tiga Sektor Pendidikan

Baca juga: Tanah Datar Gelar Rapat Persiapan Musrenbang Nagari Tahun 2021

Facebook Comments

loading...