Hafal 3 Juz, Siswa MAN 50 Kota Lolos Seleksi PMB Tahfizh di UIN Mahmud Yunus

Hafal 3 Juz, Siswa MAN 50 Kota Lolos Seleksi PMB Tahfizh di UIN Mahmud Yunus
SuhaNews – Memiliki hafalan 3 juz,Rifqi Afif Wakarim, peserta didik MAN Lima Puluh Kota Kelas XII IPK, satu dari 26 peserta didik lainnya dari berbagai madrasah, melenggang ke UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar sebagai mahasiswa baru jalur Tahfiz.

Kabar bahagia ini diterima Kepala MAN Lima Puluh Kota berdasarkan Surat Pengumuman Rektor UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc., nomor :B-/In.27/R/PP.04/05/2022 Tentang Beasiswa Tahfiz Al-Quran jalur SPAN-PTKIN UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar Tahun 2022 .

Intan Marajo, Kepala MAN Lima Puluh Kota merasa bangga dengan torehan prestasi yang diraih Rifqi. Intan berharap semoga dengan diterimanya Rifqi lewat jalur Tahfiz pada PTKIN ini menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya.“Selamat kepada Rifqi semoga sukses kuliahnya dan dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi sesuai cita-citanya,” ungkap Intan.

“Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada guru dan orangtua yang telah memotivasi ananda dalam menghafal Alquran. Sinerjitas madarasah dan orang tua selalu kami harapkan untuk pnegembangan potensi peserta didik sebagai salah satu upaya mewujudkan cita-cita mereka,” tutup Intan.

Nelfia Nofitri, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN Lima Puluh Kota, saat dikonfrimasi menyebutkan bahwa kegiatan Tahfizul Quran ini merupakan kearifan lokal yang diangkat oleh madrasah untuk menumbuhkembangkan kecintaan peserta didik terhadap Alquran dan mendidik mereka untuk menghafal dan memahami Alquran.

“Kita memberlakukan ketentuan lulus tidaknya seorang peserta didik atas hafalannya. Pengujian hafalan dilakukan oleh guru yang kompeten di bidangnya. Ini sudah menjadi kesepakatan seluruh komponen madrash. Selamat kepada Rifqi yang telah menyelesaikan hafalannya sebanyak 3 Juz. Kita terus memotivasi Rifqi untuk menambah hafalannya” ungkap Nofitri.

Pembimbing Tahfiz MAN Lima Puluh Kota, Nurazizah, yang mendampingi Waka Kurikulum, menyebut bahwa Rifqi adalah siswa yang sangat tekun menghafal AlQuran. Ia bersama rekannya selalu memuroja’ah hafalannya. Melihat hafalan Rifqi yang bagus ini Azizah merekomendasikan Rifqi untuk masuk jalur Tahfiz SPAN-PTKIN 2022 dan Alhamdulillah lolos dan membawa berkah untuk peserta didik dan membawa keberkahan buat MAN Lima Puluh Kota.

BACA JUGA  2 Anggota DPRD Tanah Datar Dukung Kunjungan Wamendag di UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Rifqi yang dinyatakan lulus bersama peserta didik lainnya sebanyak 26 dari madrasah lain, merasa senang diterima di UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir. Pengagum beberapa Ustaz kondang seperti Abdul Somad, Adi Hidayat dan Syafiq Riza Basalamah ini bercita cita menjadi Dai dan ingin melanjutkan studi ke Universitas Islam Madinah .

Rifqi merupakan putra Talang Maur Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan anak ke dua dari tiga bersaudara pasangan Agusmen dan Yayang Nilasari, sangat ingin membahagiakan kedua orang tuanya dan menjadi contoh tauladan bagi saudaranya.

Dihubungi diruang kerjanya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan, saat dikonfrimasi mengucapkan selamat kepada Rifqi. Irwan juga mengucapkan selamat kepada MAN Lima Puluh Kota atas deretan prestasi yang telah dicapai oleh peserta didiknya. Irwan menyebut, kepala madrasah harus punya inovasi dan kreatifitas dalam upaya peningkatan kompetensi peserta didiknya.

“Dalam setiap kesempatan kita selalu menghimbau kepada kepala madrasah untuk terus melakukan inovasi. Kita sudah menargetkan masing-masing madrash harus punya program unggulan untuk mendukung peningkatan kualitas madrasah dan kuantitas peserta didik. Sekarang kita jangan lagi berprinsip biar sedikit peserta didik asalkan berkualitas, tapi madrasah harus berpacu bagaimana meningkatkan kualitas madrasah sehingga kuantitas peserta didik juga meningkat. Banyaknya peserta didik dan berkualitasnya madrasah, tentu otomatis akan membangun citra baik madrasah itu sendiri,” jela Irwan.

Irwan menambahkan, Program unggulan yang digaungkannya melalui madrasah, sekarang dalam tahap poses ke arah sana. Irwan menegaskan program ini akan ditagih dan akan dilakukan visitasi dan dievaluasi secara bertahap. (Saiyidati/Editor:Nina)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakSudah di Makkah, Jamaah Haji Kabupaten Solok Mulai Ibadah Umrah
Artikulli tjetër“Kamis Berseri” di Dinas Kominfo, Wako Hendri Septa Berikan Motivasi dan Apresiasi