Kesempatan Mengecek Arah Kiblat, Hari Ini 15 dan 16 Juli

Hari Ini Kesempatan Mengecek Arah Kiblat Kita
Solok, SuhaNews. Hari ini, Kamis 15 Juli 2021 dan besok Jumat 16 Juli 2021, matahari kembali melintas tepat diatas Ka’bah. Ini kesempatan bagi umat muslim untuk mengcek arah Kiblat.

Dilansir oleh situs resmi Kementerian Agama, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomi, pada Kamis dan Jumat, 15 & 16 Juli 2021, matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah.

“Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah,” terang.

Disampaikannya, peristiwa semacam ini dikenal dengan nama _Istiwa A’zham_ atau _Rashdul Qiblah_. Yaitu, waktu matahari di atas Ka’bah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum ini, lanjut Agus, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya, sesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Agus menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat yakni pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul.

Kemudian permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, sedangkan untuk waktupengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Dihubungi terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kab.Solok, H. Alizar mengajak masyarakat menggunakan kesempatan ini untuk mengukur dan memastikan kembali arah kiblat dalam solat. Terutama dari tempat kediaman maupun bekerja, dimana kita terbiasa melaksanakan salat lima waktu.

“Ini momentum untuk menyempurnakan ibadah sekaligus edukasi dalam ilmu falaq dan ibadah,” ujar H.Alizar.

Ditambahkan oleh H.Alizar dengan tata cara yang telah diterangkan dalam situs resmi Kementerian Agama, umat muslim bisa menyempurnkan posisi solat menghadap kiblat dari rumah, kantor, sekolah atau tempat aktivitas lainnya dengan mengukurnya menggunakan alat sederhana.

BACA JUGA  Terkait Corona, Berikut Himbauan Menteri Agama Untuk Lembaga Pendidikan dan Rumah Ibadah

Menutup keterangannya, H.Alizar, menyebut jika masyarakat ragu dengan tata cara yang disampaikan melalaui media, dapat berkonsultasi dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Kab.Solok di kantor Kemenag atau di KUA Kecamatan. Fendi|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaZ Ditangkap Polres Bukittinggi di SPBU Canduang
Artikel berikutnyaPPKM Darurat, Ratusan Kendaraan Putar Balik di Perbatasan Padang